ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Jun 2017 16:05 WIB

Infografis: Panduan Olahraga Saat Puasa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta - Puasa bukan halangan untuk tetap aktif bergerak. Asal mematuhi anjuran para pakar kesehatan, olahraga bisa-bisa saja dilakukan dengan sehat dan aman selama Ramadan.

Tentu ada beberapa hal yang harus disesuaikan. Misalnya pilihan waktu untuk berolahraga. Jika biasanya bisa melakukannya kapan saja, saat puasa lebih dianjurkan untuk olahraga selepas sahur atau menjelang berbuka.

"Yang malam, actually malah semakin ramai. Mungkin karena yang biasanya olahraga pagi mereka tidak bisa, dan menyempatkannya di olahraga malam," kata Laila Munaf, co-founder pusat kebugaran Sana Studio, seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Baca juga: Saat Puasa Makin Banyak yang Rajin Yoga, Ternyata Ini Alasannya

Selain itu, hidrasi atau kecukupan cairan juga penting untuk diperhatikan mengingat selama 12 jam puasa tidak boleh minum sama sekali. Jika hendak berolahraga selepas sahur, maka dianjurkan untuk menurunkan intensitasnya agar tidak terlalu banyak berkeringat. Demikian juga saat sahur, pastikan sudah cukup banyak minum air putih.

Selengkapnya tentang hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin tetap olahraga saat puasa, bisa disimak dalam infografis berikut ini:

Infografis: Panduan Olahraga Saat PuasaFoto: Mindra Purnomo


Baca juga: Asupan yang Dianjurkan Jika Ingin Olahraga Saat Puasa (up/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT