Senin, 05 Jun 2017 17:35 WIB

Bugil di Tempat Umum, Tanda-tanda Eksibisionisme?

Firdaus Anwar - detikHealth
Wanita nyaris bugil di Jakarta. (Foto: Screenshot dari video yang beredar)
Jakarta - Saat ini sedang heboh beredar video online yang menunjukkan seorang wanita nyaris bugil berkeliaran di Jakarta. Di dalam beberapa cuplikan video tersebut terlihat sang wanita berinteraksi secara normal dengan orang-orang sekitar meski tubuhnya nyaris bugil.

Atas peristiwa ini netizen pun bertanya-tanya apakah sang wanita mengidap gangguan kejiwaan. Belum ada kabar dari identitasnya dan polisi masih melakukan pencarian.

Salah satu dugaan yang beredar adalah sang wanita merupakan penyandang eksibisionisme. Oleh karena itu ia sengaja tampil bugil di depan umum.

Baca juga: Heboh Wanita Nyaris Bugil Jalan-jalan di Mangga Besar, Siapa Dia?

Apa itu eksibisionisme? Menurut dr Andri, SpKJ, dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera eksibisionisme adalah gangguan kejiwaan yang masuk ke dalam kategori kelompok kelainan seksual parafilia.

Penyandang eksibisionisme ini dapat memperoleh kepuasan seksual lewat cara mempertontonkan bagian intim pada orang lain. Namun lebih dari itu ada juga kriteria kecenderungan sifat lainnya dari para penyandang seperti memilih korban yang tak menyangka, dilakukan lebih dalam enam bulan terakhir, dan alami stres atau kesulitan interpersonal dalam kehidupan sehari-hari karena fantasinya.

Oleh karena itu tidak cukup untuk mendiagnosa seseorang menyandang eksibisionisme hanya dengan bukti ia pernah bugil di jalanan.

"Jadi apa yang terjadi pada perempuan yang videonya viral tersebut itu masih tanda tanya besar. Apakah memang kondisi ini eksibisionis, kalau eksibisionis tentunya tidak sesantai itu. Enggak keluar dari mobil atau rumah dalam keadaan telanjang. Biasanya pakai baju lengkap terus di tengah jalan atau di keramaian memperlihatkan ke orang tertentu alat kelaminnya," papar dr Andri.

"Tentunya kita perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dulu untuk kasus seperti ini. Tidak mengira-ngira apa yang sebenarnya terjadi pada orang tersebut," pungkas dr Andri.

Baca juga: Polisi: Wanita Nyaris Bugil di Mangga Besar Bertato di Punggung & Kaki (fds/up)