Senin, 05 Jun 2017 20:21 WIB

Saran Psikolog Jika Anak Terpapar 'Aksi Nyaris Bugil' Seperti di Jakarta

Aisyah Kamalia - detikHealth
Foto perempuan nyaris bugil yang tersebar di media sosial. (viral)
Jakarta - Belakangan, netizen dihebohkan oleh perempuan nyaris bugil yang berbelanja di sebuah apotek di Jakarta. Semacam eksibisionisme, meski masih perlu dipastikan lagi alasan di balik aksi tersebut. Yang pasti, salah satu yang jadi kekhawatiran adalah jika ada anak kecil menyaksikan kejadian tersebut.

Psikolog anak dan remaja Anna Surti Ariani atau biasa disapa Nina, mengatakan bahwa orang tua dituntut untuk bijak dalam bersikap pada kondisi semacam itu. Ketika terpapar aksi mirip eksibisionisme tersebut, anak-anak pasti akan banyak muncul pertanyaan di benaknya.

"Yang paling penting, ketika anak melihat hal tersebut ajarkan mereka untuk berpikir mengenai alasan-alasan dibalik kejadian tersebut," ujar Nina kepada detikHealth.

"Jelaskan anak dengan kalimat yang lebih positif seperti misalnya, 'mungkin orang itu tidak memiliki baju untuk dipakai,' atau nada positif lainnya sehingga anak dapat mengambil nilai dari momen tersebut," lanjutnya.

Lokasi aksi 'eksibisionisme' yang diduga terjadi di daerah Mangga BesarLokasi aksi 'eksibisionisme' oleh perempuan nyaris bugil yang diduga terjadi di daerah Mangga Besar (Foto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)


Baca juga: Bugil di Tempat Umum, Tanda-tanda Eksibisionisme?

Masih menurut psikolog lulusan Universitas Indonesia tersebut, hal-hal yang melatarbelakangi kejadian seperti itu tentu sangatlah banyak. "Mungkin dia mengalami tekanan yang cukup berat sehingga mengalami depresi berat, atau dia melakukan itu karena sekedar taruhan, untuk itu harus dicari tahu lebih lanjut," katanya.

Nina mengungkapkan, sangat mungkin terjadi pelaku dari kasus tersebut menjadi agresif dan menyerang orang lain.

"Ada kemungkinan pelaku menyerang sekeliling dikarenakan tingkat stresnya yang tinggi. Sebab, di saat seperti itu, mereka sulit untuk membedakan antara realitas dan apa yang ada di pikirannya. Jika mereka menyerang, ada baiknya untuk menjauhkan anak dari tempat tersebut," tambahnya.

Baca juga: Heboh Perempuan Nyaris Bugil Belanja di Apotek, Ini Komentar Dokter Jiwa

Lantas bagaimana jika perilaku tersebut dilakukan oleh orang-orang terdekat?

"Perlakukan orang tersebut dengan baik, ajak dia pulang kerumah dan berikan ia pakaian. Dengan begitu, anak akan belajar juga dari orang tuanya tentang hal-hal baik," pungkas Nina.

Terkait penampakan perempuan nyaris bugil yang diduga terjadi di Mangga Dua Dalam, Jakarta tersebut, polisi tengah melakukan pencarian. Aksi tersebut terekam oleh masyarakat yang kebetulan berada di sekitarnya, dan videonya menjadi viral di internet.

"Kita masih melakukan pencarian. Kita penasaran motif dari perempuan tersebut," kata Kanit Reskrim Polsek Metro Tamansari Kompol Bintoro, seperti dikutip dari detiknews.



Baca juga: Perempuan Nyaris Bugil Berkeliaran di Siang hari, Polisi Bergerak

(up/up)