Selasa, 06 Jun 2017 13:05 WIB

Tak Cuma Nyeri Dada, Ini Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Tahu

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Serangan jantung identik dengan rasa nyeri di dada. Nyatanya selain itu ada juga gejala spesifik lainnya yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

Seperti disampaikan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP, MD, serangan jantung tak hanya muncul dengan rasa nyeri di dada. Serangan jantung umumnya memiliki ciri khas.

"Gejala tersebut di antaranya sakit dada atau dada terasa tidak nyaman dengan berbagai macam ungkapan. Misalnya rasanya seperti disayat, dada berat, dada seperti diikat, terbakar, ditusuk, atau sesak," ungkap dr Isman kepada detikHealth.

Baca juga: Eks Gelandang Newcastle Cheick Tiote Kolaps, Serangan Jantung?

Selain itu, pada serangan jantung rasa nyeri di dada harus disertai dengan munculnya banyak keringat atau keringat dingin. Rasa nyeri ini juga disertai dengan penjalaran seperti ke rahang, punggung, ulu hati, dada kiri atau ke pundak.

"Semua keluhan itu tidak hilang dan berlangsung selama lebih dari 20 menit. Jika sudah demikian, segera ke rumah sakit terdekat untuk mencari pertolongan," pesan dr Isman.

Mantan gelandang Newcastle United, Cheick Tiote kolaps dan meninggal dunia saat latihan. Juru bicara mengatakan, sang atlet mengalami serangan jantung. Dilansir oleh as.com, Selasa (6/6/2017), Tiote mengalami serangan jantung di usia 30 tahun saat berlatih dengan klubnya yang sekarang, Beijing Enterprises. Ia dilarikan ke rumah sakit, namun tidak tertolong.

Serangan jantung pada orang muda, biasanya berhubungan dengan beberapa faktor risiko. Termasuk di antaranya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes atau sakit gula, serta kolesterol tinggi. Riwayat sakit jantung di keluarga juga termasuk faktor risiko yang harus diwaspadai.

Baca juga: Wajib Bawa Obat Isosorbide Dinitrate Untuk 'Jaga-jaga' Serangan Jantung

(ajg/up)
News Feed