ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Jun 2017 18:30 WIB

Rumus 'Nomor Telepon' dari Dokter untuk Cegah Serangan Jantung

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Hafalkan rumus nomor telepon 035140530 buat menghindari serangan jantung. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Agar mudah diingat, dokter terapkan 'rumus nomor telepon'.

Hal tersebut disampaikan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP, MD, kepada detikHealth. Menurut dr Isman, rumusnya yakni 035140530.

"Angka 035140530 bisa dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan gaya hidup sehat. Angka 0 pertama maksudnya no smoking alias tidak merokok," ungkap dr Isman.

Baca juga: Wajib Bawa Obat Isosorbide Dinitrate Untuk 'Jaga-jaga' Serangan Jantung

Sementara itu, angka 3 adalah rumus untuk menjalani aktivitas fisik. Untuk mengurangi risiko serangan jantung, Anda dianjurkan minimal jalan kaki sebanyak 3 kali seminggu, selama 30 menit dan sejauh 3 kilometer. Menurut dr Isman, olahraga bukan faktor risiko penyakit jantung, namun olahraga sangat berbahaya bagi pasien dengan penyakit jantung yang belum diobati.

Angka 5 menjadi penanda banyaknya porsi buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi. Anda dianjurkan untuk makan 5 porsi buah dan sayur, mulai dari pagi, siang, dan malam hari.

"Kemudian angka 140 itu maksudnya adalah batas tekanan darah. Angka 5 berikutnya adalah batasan kolesterol total, tidak boleh lebih dari 5 mmol/L (atau 190 mg/dl). Kemudian angka 3, maksudnya kadar LDL atau kolesterol jahat tak boleh lebih dari 3 mmol/L (atau 113 mg/dl). Sedangkan, angka 0 terakhir adalah no obesitas atau jangan gemuk," tutur dr Isman.

Baca juga: Tak Cuma Nyeri Dada, Ini Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Tahu (ajg/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT