ADVERTISEMENT

Rabu, 07 Jun 2017 16:13 WIB

Ini Sebabnya Perut Cepat Lapar Meski Sudah Makan Kenyang Saat Sahur

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Rasa lapar menyerang ketika kadar gula darah mulai menipis (Foto: iStock)
Jakarta - Sahur merupakan kesempatan seseorang mengisi tenaga. Nah, hal ini terkadang membuat seseorang mengonsumsi makanan hingga berlebihan dan membuat rasa kenyang. Lantas, rasa kenyang di waktu sahur sudah pasti menjamin 'kuatnya' puasa di siang hari?

Menanggapi hal ini, dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK mengatakan pada dasarnya rasa kenyang saat sahur tidak menjamin seseorang kuat puasa di siang hari. Sebab munculnya rasa lapar berkaitan dengan beberapa kondisi seseorang.

"Misalnya orangnya lagi sakit dan minum obat-obatan tertentu dapat menyebabkan cepat lapar," ucap dr Anie dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Minum Susu dan Makan Oatmeal, Menu Sahur Penangkis Lapar Ketika Puasa

Tapi, dari manakah sebenarnya rasa lapar itu muncul? Simak dalam video Fun Fact berikut ini:


dr Anie menjelaskan makan yang terlalu banyak saat sahur justru dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti penuh, begah dan mudah mengantuk. Pasalnya darah banyak mengalir menuju perut untuk proses pencernaan.

Dihubungi secara terpisah, nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD mengatakan makan terlalu banyak saat sahur dapat memicu gangguan asam lambung dan membebani proses pencernaan. Akibatnya perut akan terasa perih dan nyeri.

"Nah hal itu bisa memicu rasa mual, kembung, muntah bahkan diare. Ini justru membuat tubuh terasa lemas dan kehilangan cairan," ungkap Jansen.

Oleh karena itu ia menyarankan untuk menggunakan sahur untuk mengonsumsi makanan secukupnya. Sebab yang paling terpenting adalah pemilihan gizi dari makanan itu sendiri.

Baca juga: Sahur Tepat, Rahasia Bebas Lapar dan Ngantuk Ketika Puasa

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT