Jumat, 09 Jun 2017 13:36 WIB

Ini Triknya Mengecilkan Perut Saat Puasa

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ilustrasi perut buncit/Foto: Thinkstock
Jakarta - Bulan puasa bisa dimanfaatkan untuk beribadah sebulan penuh sambil melakukan diet yang sehat, salah satunya mengecilkan perut. Terlebih bagi Anda yang sibuk di kantor dan tak sempat melakukan aktivitas fisik. Seperti apa? Simak penuturan dokter ahli di sini.

Diutarakan dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO, mengecilkan perut di saat puasa tentu tidak berbeda dengan saat tidak berpuasa yaitu melakukan olahraga untuk melatih otot-otot perut dan diet.

"Yang membedakan adalah waktu berolahraganya tadi, mau tidak mau harus dilakukan di saat sedang berpuasa sehingga intensitas latihannya tidak boleh berat dan tidak boleh menimbulkan dampak dehidrasi," tutur dr Michael.

Baca juga: Berpuasa Sambil Turunkan Berat Badan, Awet atau Tidak?

Lantas, kapan sebaiknya olahraga dilakukan? dr Michael menganjurkan pada waktu siang hari dengan melakukan gerakan reverse crunch di kursi kerja. "Tak perlu banyak cukup tiga set dengan sepuluh repetisi akan melatih otot perut dan juga menghilangkan rasa kantuk yang biasanya muncul," pungkas dr Michael.

Untuk diet, imbuh dr Michael, tentu tidak berarti tidak makan atau puasa. Makan dalam porsi yang cukup untuk mampu bekerja dan berolahraga, namun tidak sampai kenyang. Jangan lupa juga hindari makanan yang terlalu berlemak.

Baca juga: Demi Tubuh Ramping, Sehatkah Berbuka Puasa Hanya dengan Susu?

(hrn/up)