Senin, 12 Jun 2017 17:39 WIB

Bingung Nunggu Azan Magrib dengan Apa? Yuk Coba Olahraga Memanah

Suherni Sulaeman - detikHealth
Olahraga memanah bisa jadi pilihan ngabuburit sehat (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bingung mengisi waktu menjelang berbuka puasa alias ngabuburit dengan kegiatan apa? Terutama kegiatan yang mendatangkan pahala. Nah, cobalah olahraga memanah, selain termasuk sunah yang diajarkan Rasulullah, memanah juga melatih ketangkasan membidik sasaran.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO, memang benar olahraga memanah dapat dipergunakan untuk ngabuburit, sebab olahraga ini membutuhkan konsentrasi penuh dan kekuatan otot tubuh yang terlatih baik, sehingga yang pemanah tersebut dapat tetap merasa segar sampai bedug maghrib.

Lebih lanjut dr Michael katakan, olahraga ini membutuhkan skill yang baik, tentunya teknik latihan harus benar-benar dipahami. Setelah itu siapkan otot-otot yang akan dipergunakan.

"Terutama otot-otot tubuh bagian atas untuk dilakukan peregangan dan dilanjutkan dengan latihan tehnik memanah yang baik," tutur dr Michael.

Baca juga: 4 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil Ngabuburit

dr Michael menambahkan, kesiapan otot-otot tubuh harus dengan melatih kekuatan secara bertahap ditingkatkan sehingga mampu untuk menarik busur sekaligus mempertahankan kestabilan tangan untuk membantu mengarahkan anak panah ketujuan yang tepat.

"Otot-otot yang terlatih tentunya tidak mudah lelah terutama saat harus mempertahankan suatu posisi tubuh yang sama untuk waktu yang agak lama," terannya.

Sedangkan konsentrasi yang telah terlatih, imbuh dr Michael, juga akan bermanfaat dalam melatih psikis yang bersangkutan untuk tetap tenang dan fokus dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Ini Triknya Mengecilkan Perut Saat Puasa

(hrn/up)