Jumat, 16 Jun 2017 12:08 WIB

Cuci Bra Setiap Hari Bisa Cegah Kanker Payudara? Ini Kata Dokter

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Disebutkan kebiasaan sehari-hari seperti mencuci bra setiap hari dan tidak memakai bra saat tidur bisa bantu cegah risiko kanker payudara. Benarkah ini?

Menurut dokter kandungan dan juga konsultan onkologi dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Sigit Purbadi, SpOG(K)Onk, informasi tersebut sama sekali tidak benar. dr Sigit menegaskan bahwa pencegahan kanker payudara tidak berhubungan dengan kebiasaan mencuci bra setiap hari dan tidak memakai bra saat tidur.

"Juga tidak ada hubungannya dengan kebiasaan tidak memakai bra berkawat dan menutupi dada dengan syal di terik matahari," tuturnya kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Kata Dokter, Gaya Hidup Seperti Ini Bisa Picu Kanker

Mencuci bra lebih terkait pada faktor kebersihan, terutama di area kulit sekitar payudara. Jika Anda tidak mencuci bra dengan rutin, maka Anda lebih berisiko gatal-gatal atau iritasi pada kulit.

Sementara kebiasaan tidak memakai bra saat tidur juga dikatakan dr Sigit tak memengaruhi risiko kanker payudara. Sebuah studi di tahun 2014 yang dilakukan Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle menemukan bahwa bra tidak terbukti berpengaruh terhadap risiko kanker payudara.

Kalaupun ada yang mengatakan bra saat tidur bisa membuat payudara mengendur, peneliti Dr Holly Pederson dari Cleveland Clinic menjelaskan, pada dasarnya seiring dengan pertambahan usia, jaringan payudara wanita akan terganti oleh lemak.

"Jadi cepat atau lambat payudara wanita pasti akan mengendur. Bahkan bra terbaik sekalipun tidak bisa mencegah proses alami ini," ungkap Pederson, seperti dikutip dari Livescience.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini yang Terjadi Saat Sel Berubah Jadi Kanker


(ajg/up)