Senin, 19 Jun 2017 07:35 WIB

Dokter Salah Angkat Buah Zakar, Pria Ini Dapat Kompensasi Rp 11 Miliar

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Seorang pria di Pennsylvania mendapat ganti rugi lebih dari Rp 11 miliar. Ia kehilangan buah zakar yang sehat gara-gara dokter melakukan kesalahan di meja operasi. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang pria di Pennsylvania mendapat ganti rugi lebih dari Rp 11 miliar. Ia kehilangan buah zakar yang sehat gara-gara dokter melakukan kesalahan di meja operasi.

Pria bernama Steve Haines tersebut mengalami nyeri kronis pada testis kanannya. Keuhan tersebut telah dirasakannya selama 15 tahun.

Tahun 2013, pria tersebut berkonsultasi dengan seorang dokter urologi. Sang dokter menganjurkan operasi untuk mengangkat testis yang bermasalah.

Sayang, kesalahan terjadi di meja operasi. Dokter justru membuang testis kiri yang sebenarnya tidak ada masalah. Yang tersisa justru testis kanan yang memang sakit.

"Empat tahun kemudian Steve tetap merasa sakit. Dia makin sering merasa sakit," kata pengacara Hanes, Braden R Lepisto seperti dikutip dari Penn Live.

Seorang pria di Pennsylvania mendapat ganti rugi lebih dari Rp 11 miliar. Ia kehilangan buah zakar yang sehat gara-gara dokter melakukan kesalahan di meja operasi.Seorang pria di Pennsylvania mendapat ganti rugi lebih dari Rp 11 miliar. Ia kehilangan buah zakar yang sehat gara-gara dokter melakukan kesalahan di meja operasi. (Foto: thinkstock)
Baca juga: Buah Zakar Remaja Ini Harus Diangkat karena Terpuntir 540 Derajat

Pengadilan akhirnya memutuskan telah terjadi malpraktik. Hanes mendapat ganti rugi US$ 870 ribu, atau sekitar Rp 11,4 miliar.

Dan jika testis kanan Hanes harus dioperasi, seumur hidupnya ia harus mendapat terapi hormon testosteron.

Baca juga: Deodoran untuk Buah Zakar Sedang Ngehits, Dokter Ingatkan Risiko Iritasi

(up/up)