Rabu, 21 Jun 2017 07:35 WIB

Gigi Keropos, Tambal Dulu atau Langsung Cabut? Ini Kata Dokter

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kesalnya punya gigi yang gampang keropos. Lama-kelamaan muncul lubang yang bikin napas kurang segar. Sebaiknya gigi yang keropos dicabut atau ditambal ya? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Gigi yang keropos sering berujung pada lubang di gigi. Pertama-tama memang kecil, tapi lama kelamaan jika dibiarkan lubangnya akan semakin membesar akibat terkena bakteri dalam mulut.

Ketika dihadapkan dengan pilihan antara tambal atau cabut, sebenarnya hal ini tergantung dari kondisi gigi yang keropos tersebut. "Jika giginya tinggal sedikit, kemungkinan itu tinggal sisa akar dan harus dicabut jika tak bisa dipertahankan kembali." ujar drg Gusti Ayu Putri Langgeng Sari dalam Live Chat 'Bebas Sakit Gigi di Momen Silaturahmi' yang diselenggarakan oleh detikHealth bersama detikForum, Selasa (20/6/2017).

Keropos pada gigi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang tinggi asam. Selain karena makanan asam, keropos juga disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan gigi.

Baca Juga: Tidak Semua Gigi Berlubang yang Sakit Bisa Langsung Ditambal

Faktor lainnya adalah kurangnya asupan vitamin D ataupun kalsium. Vitamin D dan kalsium sendiri berfungsi untuk membantu menguatkan gigi. Kalsium dapat didapatkan dari makanan seperti sayur-sayuran (brokoli, kale) dan juga susu, sedangkan vitamin D bisa dijumpai di makanan seperti minyak ikan kod dan berbagai produk kedelai.

Seringkali gigi keropos mengakibatkan rasa ngilu. "Nah kalau sering ngilu, berarti gigi tersebut lubangnya sudah cukup parah," imbuhnya. Bisa juga ngilu terjadi karena abrasi pada gusi akibat cara sikat gigi yang salah.

Sedangkan menurut drg Harry Ardiyanto, SpKG, seperti ditulis detikHealth sebelumnya, gigi yang telah berlubang sampai ke saraf gigi tentunya tidak bisa diobati dengan hanya dilakukan penambalan biasa. Hal itu dikarenakan sistem saraf gigi ini telah terinfeksi sampai ke bagian akarnya.

Baca Juga: Awas! Gigi Berlubang Bisa Menular

Dokter gigi yang baik umumnya akan menganjurkan untuk mempertahankan gigi itu terlebih dahulu yaitu dengan perawatan saluran akar gigi (root canal treatment). Perawatan ini akan lebih meningkatkan kualitas hidup pasien, karena masih dapat menggunakan gigi aslinya untuk makan dibandingkan menggunakan gigi palsu apabila giginya yang sakit tersebut dicabut. (up/up)