Rabu, 21 Jun 2017 08:37 WIB

Cara Rawat Gigi Untuk Hindari Ngilu Usai Bleaching Gigi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Demi penampilan sejumlah orang lakukan bleaching gigi yang ternyata bisa membuat gigi mudah ngilu. Begini cara merawat gigi usai bleaching agar tak ngilu. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Demi penampilan sejumlah orang lakukan bleaching gigi yang ternyata bisa membuat gigi mudah ngilu. Begini cara merawat gigi usai bleaching agar tak ngilu. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Gigi yang bersih adalah gigi idaman semua orang. Untuk mendapatkan gigi yang bersih, ada hal yang bisa dilakukan salah satunya dengan pemutihan gigi atau bleaching gigi.

Namun, ngilu usai bleaching bisa saja terjadi. "Ngilu ini bisa diakibatkan dari kandungan bahan kimia yang dipakai untuk memutihkan gigi," terang drg Gusti Ayu Putri Lenggang Sari saat Live Chat yang diselenggarakan oleh detikHealth bersama detikForum, Selasa (20/6/2017).

Baca Juga: Hendak Lakukan Pemutihan Gigi? Perhatikan Dulu Hal Ini

Bahan pemutih gigi yang digunakan umumnya mengandung hidrogen peroksida yang bersifat hipotenik, sehingga bisa menarik cairan dentin ke luar dan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

Oleh karenanya, drg Sari mengingatkan, pemeriksaan atau kontrol post bleaching harus dilakukan secara rutin ke dokter gigi untuk dilihat kondisi giginya. Selain kontrol, setelah melakukan pemutihan gigi, biasanya dokter akan menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran seperti apel, wortel ataupun seledri yang bisa menggosok gigi saat dikunyah.

Di samping itu, untuk mengurangi rasa ngilu setelah bleaching, dokter yang akrab disapa Sari ini menganjurkan untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

Lebih lanjut, menurut drg Diatri Nari Ratih MKes hD SpKG (K) menjelaskan kepada detiHealth beberapa waktu lalu bahwa memutihkan gigi tidak boleh sering dilakukan. Pasalnya, saat terpapar bahan pemutih, email gigi akan lebih rentan lemah dan menyebabkan deminarlisasi. (up/up)
News Feed