Rabu, 21 Jun 2017 15:32 WIB

Jokowi Ulang Tahun, Ini 3 Kebiasaan Sehatnya yang Bisa Ditiru

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Presiden Joko Widodo berulang tahun ke-56 hari ini, namun masih kelihatan bugar. Yuk simak gaya hidup sehat Jokowi yang bisa ditiru. (Foto: Agung Pambudhy) Presiden Joko Widodo berulang tahun ke-56 hari ini, namun masih kelihatan bugar. Yuk simak gaya hidup sehat Jokowi yang bisa ditiru. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun yang ke-56 hari ini, Rabu (21/6). Meski sudah berusia 56 tahun, Jokowi masih fit dan bugar. Hal ini terbukti dari kegiatan di hari ulang tahunnya yang akan berkeliling Kabupaten Bogor untuk bertemu warga dan membagikan paket sembako.

Putra sulung dari 4 bersaudara itu lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Ia lahir di Surakarta, Jawa Tengah.

Agar tetap fit dan bugar seperti Jokowi, detikHealth pun merangkum beberapa kebiasaan sehatnya bisa ditiru. Apa saja?

Baca juga: Selamat Ultah Pak Jokowi, Presiden yang Hobi Minum Temulawak

1. Minum jamu

Dalam beberapa kesempatan, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ini sering menyebut jamu sebagai minuman favoritnya. Bahkan ia menyebut sudah 14 tahun mengonsumsi kacang hijau tumbuk yang diberi seduhan temulawak dan madu.

"Minum jamu, tetap. Doping-nya ya jamu itu. Temulawak sama madu," ujar Jokowi, seperti pernah diberitakan detikHealth sebelumnya.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Sehat Jamu yang Rajin Diminum Jokowi

2. Bersepeda

Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga diketahui doyan bersepeda. Ia bahkan pernah menempuh jarak 16 km dengan bersepeda dari rumah dinasnya ke balai kota, dan dilanjutkan ke BKT.

"Sepeda saya paling murah ada yang Rp 700 ribu. Kalau yang mahal, suka nggak keluar keringatnya. Daripada beli sepeda mahal, mending motor. Hehehe," kelakar Jokowi saat itu.

Baca juga: Di Hari Ulang Tahun, Jokowi Bagi-bagi Sembako Keliling Bogor

3. Makan tempe

Setiap kali makan, di piring Jokowi hampir selalu terdapat tempe. Kendati sederhana, sekarang tempe sudah mendunia. Sebab kaum vegan di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging.

Tempe memiliki kandungan untuk melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, dan kanker. Tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lainnya.

Baca juga: Bukan Kulit Manggis, Jokowi Pilih Temulawak untuk Jaga Stamina Saat Puasa

(mrs/up)
News Feed