Kamis, 22 Jun 2017 08:36 WIB

Pakai Behel Bikin Gigi Cepat Keropos, Benar atau Tidak?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Behel digunakan untuk membuat gigi menjadi lebih rapat dan tersusun dengan cantik. Tapi apa benar bisa bikin gigi mudah keropos? (Foto: thinkstock)
Jakarta - Memiliki deretan gigi yang tersusun rapi adalah dambaan setiap orang. Namun nyatanya tak semua orang lahir dengan gigi yang rapi. Oleh karenanya perawatan gigi dengan behel pun banyak dilakukan.

Tapi di balik trennya pemasangan kawat gigi ini, muncul isu mengenai dampak pemasang behel yang buat orang ragu untuk memasangnya. Disebut-sebut, behel bisa memancing keropos pada gigi. Memangnya benar?

Menurut drg Gusti Ayu Putri Langgeng Sari, dari RS Mayapada saat live chat yang diselenggarakan detikHealth dan detikForum, Selasa (20/6/2017), gigi keropos datang dari beberapa faktor. Bukan hanya dari faktor usia namun juga dari cara seseorang merawat kebersihan giginya sendiri.

Baca Juga: Gigi Keropos, Tambal Dulu atau Langsung Cabut? Ini Kata Dokter

"Pemakaian behel bisa saja sih mengakibatkan gigi keropos karena malas kontrol behel ke dokter gigi," ujar dokter cantik yang akrab disapa Sari ini.

Hal lain yang bisa menjadikan penyebab gigi keropos saat pemasangan behel adalah pembersihan yang kurang maksimal pada saat pemakaian behel, juga bisa mengakibatkan gigi gampang keropos. "Kurang asupan vitamin D dan kalsium juga bisa jadi penyebab gigi keropos," tambahnya.

Nah, jadi tidak ada alasan yang membuat Anda harus takut kan memakai behel untuk perawatan gigi? Perlu diingat, pemakaian behel dapat dilakukan kalau sudah tidak memiliki gigi susu ya. Proses pemasangannya akan menyesuaikan kondisi gigi sehingga diperlukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi terpercaya.

Baca Juga: Tidak Semua Gigi Berlubang yang Sakit Bisa Langsung Ditambal

(ajg/ajg)