Kamis, 22 Jun 2017 14:31 WIB

Berbagai Pemicu Gendang Telinga Pecah Seperti Dialami Gwen Stefani

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Beberapa waktu lalu penyanyi Gwen Stefani mendadak alami masalah pendengaran akibat gendang telinganya pecah. Menurut kekasihnya, Blake Shelton, hal ini terjadi setelah Gwen naik pesawat.

Dikutip dari Web MD, tekanan udara memang bisa menjadi salah satu pemicu gendang telinga pecah. Kondisi ini dikenal sebagai efek barotrauma. Hal ini terjadi ketika tekanan di dalam telinga dan di luar telinga tidak sama.

Misalnya ketika pesawat terbang berganti ketinggian, sehingga menyebabkan tekanan udara di dalam kabin turun atau naik. Perubahan tekanan juga menjadi masalah umum bagi para penyelam.

Baca juga: Gendang Telinga Gwen Stefani Pecah karena Naik Pesawat, Kok Bisa?

Diungkapkan oleh kekasih Gwen, Blake Shelton, mulanya Gwen naik pesawat dengan kondisi yang tak begitu sehat. Kemudian kondisinya kian memburuk sampai kemudian ia mengalami ada yang tak biasa di telinganya.

"Gwen terbang naik pesawat dengan kondisi yang tidak baik, ditambah dengan udara dan tekanan di kabin pesawat. Kombinasi ini membuat gendang telinganya mengalami sedikit kerusakan. Saya bahkan tidak tahu bagaimana kejadiannya," ujar Blake, dikutip dari Health.

Selain itu, gendang telinga yang pecah juga bisa disebabkan oleh infeksi. Saat telinga tengah terinfeksi, tekanan udara akan menumpuk dan menekan gendang telinga. Bila tekanannya terlalu besar, gendang telinga pun bisa robek. Ketika hal ini terjadi, Anda mungkin saja mengalami nyeri.

Gendang telinga robek juga bisa dipicu oleh kebiasaan memasukkan benda asing ke dalam telinga. Termasuk di antaranya cotton bud. Sering dialami oleh anak, di mana mereka kerap memasukkan benda kecil ke dalam telinga, termasuk seperti mainan.

"Menggunakan cotton bud atau benda lain untuk membersihkan telinga secara asal-asalan juga bisa membuat gendang telinga pecah. Biasanya dimulai dengan rasa nyeri. Bisa juga kemudian keluar cairan dari telinga," imbuh pakar kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan dari ENT and Allergy Associates in Melville, New York, Vijay Mukhija, MD.

Baca juga: Hobi Menyelam dan Berenang Bisa Picu Eksostosis seperti Hamish Daud?

(ajg/up)
News Feed