Minggu, 02 Jul 2017 08:10 WIB

Ini Dia Sederet Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh (2)

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kopi hitam bisa memiliki segudang manfaat. Foto: thinkstock
Jakarta - Sebagai salah satu minuman terpopuler di dunia, kopi selalu punya dua sisi. Terlalu banyak dikonsumsi bisa jadi masalah, tapi di sisi lain juga punya segudang manfaat jika dikonsumsi dengan takaran yang pas.

Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut ini sederet manfaat kopi seperti dirangkum detikHealth, Minggu (2/7/2017).

Baca juga: Ini Dia Sederet Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh

Kopi hitam mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.Kopi hitam mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Foto: Thinkstock


8. Antioksidan Tertinggi

Kopi hitam adalah pembangkit tenaga berupa antioksidan. Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, potassium dan magnesium.

9. Mengurangi Risiko Diabetes

Minum kopi hitam setiap hari membantu mengurangi risiko diabetes di kemudian hari yang dapat menyebabkan kerusakan organ dan penyakit jantung. Kopi membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin.

10. Membuat Awet Muda

Mengonsumsi kopi hitam tanpa gula akan menjaga pikiran dari stres dan dapat mengakibatkan awet muda. Kopi hitam juga membantu mencegah penyakit Parkinson dengan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Baca juga: Tips Mengusir Kantuk Saat Tidak Bisa Minum Kopi

Dengan mengonsumsi kopi hitam risiko untuk kanker bisa berkurang.Dengan mengonsumsi kopi hitam risiko untuk kanker bisa berkurang. Foto: Thinkstock


11. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker telah menjadi salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia. Senyawa dalam kopi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker hati, payudara, usus besar dan dubur. Kopi juga dapat mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama dibalik berkembangnya tumor.

12. Membuat Senang

Minum kopi hitam dapat meningkatkan mood dan membuat kamu bahagia. Ini juga merupakan salah satu solusi terbaik untuk melawan depresi.

Kopi hitam bisa mengurangi stres bagi yang terbiasa mengonsumsinya.Kopi hitam bisa mengurangi stres bagi yang terbiasa mengonsumsinya. Foto: Getty Images


13. Mengurangi Stres dan Depresi

Tekanan demi tekanan oleh pekerjaan yang terlalu banyak dapat menyebabkan depresi dan stres yang menyebabkan banyak masalah kesehatan serius. Tetapi dengan minum secangkir kopi hitam saat merasa tegang, bisa mendongkrak mood seketika dan membuat segalanya menjadi lebih baik. Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter penting yang meningkatkan mood.

14. Mengurangi Risiko Encok

Penelitian menunjukkan orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi hitam memiliki 57 persen risiko encok berkurang. Antioksidan kuat yang ada dalam kopi mengurangi risiko pengembangan asam urat dengan menurunkan kadar insulin dan asam urat dalam tubuh.

Baca juga: 'Kopi' Biji Kurma Sangat Baik Diminum Saat Puasa, Benar Tidak Ya? (wdw/up)