Minggu, 02 Jul 2017 10:05 WIB

Pilih-pilih Sepatu Olahraga, Perhitungkan Juga Berat Badan Agar Tak Cedera

Widiya Wiyanti - detikHealth
Memilih sepatu lari yang tepat menurut ahli tergantung dari berat badan seseorang. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kebiasaan orang memilih sepatu larinya adalah berdasarkan model atau tren yang sedang berlangsung saat itu. Tapi tahukah kamu bahwa pemilihan sepatu lari yang baik bergantung pada berat badan?

Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh peneliti dari University of South Australia dilansir dari ABC Australia bahwa berat badan mempengaruhi pemilihan sepatu lari.

Penelitian ini dilakukan pada 61 pelari berpengalaman selama 26 minggu. Para peneliti menemukan bahwa pelari yang berlari dengan berat yang dibawa lebih dari 85 kilogram termasuk berat badan dapat berisiko cedera tiga kali lebih parah daripada pelari yang lebih ringan.

Baca juga: Cuma Pakai Kaos Kaki, Pria Ini Berhasil Menangkan Maraton 23 Km

Menurut penelitian ini, menggunakan sepatu yang lebih ringan bisa meningkatkan performa secara keseluruhan dan tidak berisiko mengalami cedera, kecuali jika pelari memiliki berat badan di atas 80kg.

"Ada keuntungan untuk performa jika menggunakan sepatu yang lebih ringan, tapi jika kamu memiliki berat badan yang berlebih makan kelebihan itu akan sebanding dengan peningkatan risiko cedera," kata Dr Joel Fuller, ahli fisioterapi.

Dr Fuller mengatakan bahwa sepatu yang paling baik adalah sepatu yang membuat nyaman dipakai. Ia menganjurkan pada pelari dengan berat lebih dari 85 kilogram harus menghindari sepatu dengan bantalan tumit ke atas tidak lebih dari 26 milimeter dan dari tumit ke bawah (heel) kurang dari 7 milimeter.

Sedangkan untuk pelari yang memiliki berat badan di bawah 72 kilogram bisa memilih sepatu yang ringan saja agar mempermudah pelari dan tidak menimbulkan risiko cedera.

Dr Fuller juga menyarankan untuk mencoba beberapa macam sepatu untuk mendapatkan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan anjurannya.

Baca juga: Ini Sepatu Nike Rp 2 Jutaan yang Dipakai Jokowi dan Jadi Viral (wdw/up)