Kamis, 06 Jul 2017 10:08 WIB

Hewan Peliharaan Bisa Dilatih Menelepon Panggilan Darurat

Firdaus Anwar - detikHealth
Anjing dilatih untuk menelepon panggilan darurat. Foto: thinkstock Anjing dilatih untuk menelepon panggilan darurat. Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika nenek dari Melody Jackson 20 tahun lalu terjatuh di malam hari, tidak ada orang terdekat yang bisa membantu. Sang nenek harus menunggu pagi tiba sampai tetangga menyadari kondisinya dan mencari bantuan medis.

Beberapa tahun berlalu, Melody yang merupakan seorang profesor di Georgia Institute of Technology kini berusaha mengembangkan teknologi bantuan darurat memanfaatkan anjing peliharaan. Ia bersama timnya mengembangkan aplikasi layar sentuh yang bisa dipencet oleh anjing ketika mendapat sinyal 'bantuan' dari majikan.

Baca juga: Kisah Pria yang Nyawanya Selamat Berkat Anjing Peliharaan

"Si anjing bisa menggunakan layar sentuh untuk memencet beberapa ikon dan memanggil 911 ke lokasi Anda... Kami berpikir hal ini dapat mengubah bagaimana kita hidup, menjadi lebih baik dan berpotensi menyelamatkan banyak jiwa," ungkap Melody seperti dikutip dari CNN, Rabu (5/7/2017).

Lebih jauh salah satu peneliti yang terlibat, Clint Zeagler, menjelaskan bahwa teknologi yang digunakan adalah layar sentuh sebesar televisi dengan ikon berwarna biru dan kuning. Anjing buta warna merah-hijau sehinggawarna biru-kuning dipilih untuk menghindari risiko terjadinya salah tekan.

"Jadi apa yang kami lakukan di proyek FIDO ini adalah mencari tahu bagaimana anjing bisa berinteraksi dengan teknologi," kata Clint.

"Pertanyaan seperti seberapa besar tombol yang ideal untuk anjing? warna apa yang ideal? Peranti seperti apa yang bisa digunakan? Sejauh ini kita sudah banyak mencari tahu untuk manusia tetapi kita baru akan memulainya pada anjing," pungkas Clint.

Baca juga: Hebat! Merpati Ternyata Ahli Deteksi Kanker Payudara
(fds/up)