Kamis, 06 Jul 2017 20:06 WIB

Dua Kebiasaan Unik 'Song-Song Couple' yang Bikin Mereka Makin Sehat

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Tak hanya sama-sama rupawan, pasangan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo ternyata juga memiliki kebiasaan unik yang membuat mereka makin sehat. Cucok deh! (Foto: AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)
Jakarta - Dalam peran-perannya di layar kaca maupun layar lebar, Song Joong Ki tak pernah lepas dari karakter yang romantis dan penuh perhatian.

Di dunia nyata, Joong Ki ternyata memang dikenal sebagai sosok yang lembut hatinya. Pertama, ia gemar memeluk. Ia bahkan memiliki julukan 'Ero Joong Ki' karena kegemarannya memeluk orang-orang yang dekat dengannya.

Secara biologis, berpelukan dipicu oleh adanya respons kimiawi yang terjadi dalam otak. Namun yang tidak banyak dipahami awam adalah, berpelukan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (6/7/2017), ketika berpelukan, otak melepaskan dopamine yang memberikan ketenangan dan melemaskan saraf-saraf di tubuh Anda. Pada waktu yang bersamaan, otak juga mengeluarkan endorfin yang dikenal sebagai penurun rasa sakit.

Bagi selebriti dengan jadwal padat seperti Joong Ki, sering berpelukan juga membantu meredam stres yang dialaminya. Selain itu, berpelukan sendiri memang dapat menurunkan kadar hormon stres atau yang biasa disebut kortisol yang berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh, sehingga yang bersangkutan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Ini Dia 4 Manfaat Sehat Berpelukan dengan Pasangan

Song Joong Ki berpelukan dengan Song Hye Kyo di drama Descendants of The SunSong Joong Ki berpelukan dengan Song Hye Kyo di drama Descendants of The Sun Foto: dok. KBS


Bagaimana dengan sang calon istri, Song Hye Kyo? Dilansir dari berbagai media, Hye Kyo dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia banyak terlibat dalam berbagai kegiatan amal, walaupun sebagian besar dilakukannya secara diam-diam.

Salah satunya ketika Hye Kyo menjadi sukarelawan di tempat penampungan anjing-anjing liar di Yeoju, pada tahun 2013 silam. Ia dan lawan mainnya dalam drama Wind Blows in Winter, Im Se Mi tak terlihat canggung saat membersihkan penampungan dan mengurus anjing-anjing tersebut.

Foto-foto mereka saat menjadi sukarelawan, lengkap dengan baju pelindung dan masker sedang mengurus anjing-anjing liar, lalu disebar oleh kelompok sukarelawan bernama 'KARA' di sebuah forum online.

"(Song Hye Kyo) tidak hanya cantik di luar tetapi juga di dalam... Ia bekerja keras sampai akhir dan melakukan yang terbaik, bahkan untuk bersih-bersih, memberi makan, merawat, termasuk membuang kotoran mereka," tulis 'KARA' seperti dikutip dari Allkpop.

Song Hye Kyo di tempat penampungan anjingSong Hye Kyo di tempat penampungan anjing Foto: internet


Di situs yang sama juga disertakan foto Hye Kyo saat ambil bagian dalam upaya pembersihan pantai akibat insiden tumpahnya minyak di semenanjung Taean pada 2008 lalu.

Baca juga: Pelukan 20 Detik, Tips Jitu dari Ridwan Kamil untuk Hilangkan Stres https://health.detik.com/read/2017/04/19/095052/3478250/766/ini-yang-dialami-tubuh-ketika-berpelukan

Tak hanya Hye Kyo, sang tunangan, Joong Ki juga gemar berdonasi. Korea Foundation for Children with Leukemia di tahun 2016 melaporkan bahwa aktor tampan tersebut telah rutin mendonasikan penghasilannya untuk yayasan tersebut sejak tahun 2011.

Tidak dijelaskan dengan pasti berapa jumlah donasi Joong Ki sebab pria ini memang meminta hal itu dirahasiakan. Menurut yayasan, berkat bantuan tersebut, lebih dari 10 anak pasien kanker telah menjalani operasi. Demikian seperti dilaporkan Korea Times.

Korea Foundation for Children with Leukemia di tahun 2016 melaporkan bahwa Song Joong Ki telah rutin mendonasikan penghasilannya untuk yayasan tersebut sejak tahun 2011. Foto: internetKorea Foundation for Children with Leukemia di tahun 2016 melaporkan bahwa Song Joong Ki telah rutin mendonasikan penghasilannya untuk yayasan tersebut sejak tahun 2011. Foto: internet

Soompi juga memberitakan adanya unggahan dari netizen yang bertajuk 'My Girlfriend Received a Present from Song Joong Ki' di sebuah forum online.

Dalam unggahan tersebut, netizen mengisahkan bahwa kekasihnya yang menderita kanker usus mengirim sebuah hadiah kepada sang aktor. Kemudian si netizen dan sejumlah rekannya mencoba menghubungi Joong Ki yang saat itu sedang menjalani wajib militer.

Kabarnya, setelah membaca surat dari sang penggemar, Joong Ki kemudian menghubungi agensinya dan meminta mereka mengirimkan DVD filmnya, 'A Werewolf Boy' yang dibubuhi tanda tangannya.

Sayangnya, kekasih si netizen keburu meninggal dunia sebelum hadiah itu sampai ke tangannya. Namun si netizen berterima kasih atas perhatian sang aktor.

Joong Ki juga dikabarkan pernah mendonasikan uang sebesar 100 juta Won lewat UNICEF untuk membantu korban bencana alam di NepalJoong Ki juga dikabarkan pernah mendonasikan uang sebesar 100 juta Won lewat UNICEF untuk membantu korban bencana alam di Nepal Foto: internet

Joong Ki juga dikabarkan pernah mendonasikan uang sebesar 100 juta Won lewat UNICEF untuk membantu korban bencana alam di Nepal, atau tepatnya pada tahun 2015 lalu.

Menjadi volunteer atau sukarelawan maupun berdonasi memberikan efek yang sama positifnya bagi kesehatan mental seseorang, sebab keduanya merupakan hobi bagi orang-orang yang memiliki empati tinggi.

"Menjadi sukarelawan dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri, memperluas lingkaran sosialnya serta meningkatkan harga dirinya. Menjadi sukarelawan juga membuat orang menjadi lebih aktif bergerak yang juga penting untuk menjaga kesehatan fisiknya," terang Faiza Tabassum dari University of Southampton, Inggris yang melakukan studi tentang manfaat menjadi sukarelawan.

Baca juga: Ganteng dan Suka Olahraga, Song Joong Ki Cocok Jadi Fitness Goal (lll/up)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya