Minggu, 09 Jul 2017 09:10 WIB

Beda Introvert Vs Ekstrovert Saat Mengalami Patah Hati

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kepribadian introvert dan ekstrovert bisa sangat memengaruhi respons seseorang ketika mengalami patah hati. Kepribadian ekstrovert cenderung lebih terbuka, sementara introvert lebih senang menyendiri.

Bona Sardo, MPSi, psikolog dari Universitas Indonesia mengatakan patah hati merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Patah hati bisa terjadi ketika cinta bertepuk sebelah tangan ataupun mengharapkan cinta namun orang tersebut sudah memiliki pasangan.

Secara sekilas, ekstrovert menurutnya lebih mudah menghadapi patah hati. Sebabnya, mereka jarang menyimpan beban dan cenderung mau bercerita soal masalah yang sedang dihadapi, termasuk soal asmara dan patah hati.

Baca juga: Pesan Psikolog Bagi Pelaku Orderan Fiktif Go-Food yang Disebut Patah Hati

"Kalau ekstrovert kan lebih terbuka dengan orang lain, dia senang curhat ke teman-temannya, nah dengan begini kan akan dapat masukan. Jadinya menghadapi patah hati lebih gampang," tutur Bona kepada detikHealth.

Di sisi lain, orang dengan kepribadi introvert cenderung menyimpan perasaannya sendiri. Karena itu mereka jarang menceritakan masalah yang dihadapi, apalagi urusan asmara dan patah hati.

Dikatakan Bona, sebenarnya tidak apa-apa menjadi introvert. Yang harus diperhatikan adalah jika kepribadian introvert juga disertai dengan self-esteem rendah atau rendah diri.

Baca juga: Orderan Fiktif Go-Food Dipicu Urusan Patah Hati? Ini Kata Psikolog

"Kalau self-esteem rendah, kita jadi berpikir tidak berharga. Cinta kita ditolak, kita langsung merasa diri kita jelek, kita yang salah dan kita tidak layak dicintai. Ini yang nggak boleh dan berbahaya," paparnya lagi.

Self-esteem yang rendah menurut Bona rentan membuat seseorang menjadi depresi. Padahal depresi merupakan salah satu jenis gangguan jiwa yang berbahaya karena dapat memicu keinginan untuk bunuh diri jika tak ditangani.

"Makanya kita harus bisa menghargai diri sendiri. Harus ingat bahwa setiap diri kita berharga. Kita manusia yang punya kelebihan dan kekurangan. Kalau sekarang ditolak ya nggak apa-apa, mungkin lain waktu baru dapat," tutupnya.

Baca juga: Julianto Bicara soal Motif Asmara Perempuan Penjebak Order Go-Food

(mrs/up)
News Feed