Senin, 10 Jul 2017 19:07 WIB

Bakat Unik Bintang Tenis Slovakia, Bisa Bedakan Bola dari Baunya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Dominika Cibulkova asal Slovakia punya bakat unik mencium-cium bola (Foto: Clive Brunskill/Getty Images) Dominika Cibulkova asal Slovakia punya bakat unik mencium-cium bola (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta - Sejumlah pemain tenis tingkat dunia memiliki kebiasaan unik saat di lapangan. Tak terkecuali bintang muda asal Slovakia, Dominika Cibulkova.

Dalam perhelatan Wimbledon tahun ini, ia kembali memperlihatkan kebiasaan uniknya itu. Kebiasaan yang dimaksud adalah mengendus bola tenis yang masih baru.

Tak hanya sekali, Dominika beberapa kali tertangkap kamera maupun mata penonton tengah mengendus bola-bola tersebut saat berada di lapangan. Baik sebelum pertandingan dimulai maupun di sela-sela pertandingan.

Menariknya, gara-gara kebiasaan itu, pemegang ranking ke-9 dunia ini dapat menyebutkan di kejuaraan mana bola tenis itu dipakai, hanya dari aromanya saja.

Tahun lalu BBC sempat merekam aksi Dominika ini. Ia bahkan dapat melalui tantangan itu dengan mudah, meskipun kedua matanya sengaja ditutup kain.

"Saya tahu dan hapal aroma bola-bola tenis ini karena saya menciumnya sepanjang waktu," kata wanita yang tahun ini harus mundur lebih awal setelah dikalahkan petenis Kroasia, Ana Konjuh tersebut, seperti dilaporkan The Daily Star.

Dalam sebuah tayangan video, Dominika bisa mengenali bola dengan mata tertutupDalam sebuah tayangan video, Dominika bisa mengenali bola dengan mata tertutup (Foto: REUTERS/Edgar Su)


Baca juga: Wow, Ilmuwan Prediksi Manusia Bisa Kenali Satu Triliun Bau

Sebagian besar penggemar tenis mengira Dominika melakukan hal itu untuk faktor keberuntungan. Namun wanita berusia 28 tahun itu menyanggahnya. Ia mengaku suka mengendus bola tenis karena ia memang menyukai aromanya.

Melihat hal ini, netizen berpendapat bahwa mengendus aroma bola tenis merupakan kebiasaan khas petenis. "Mencium aroma bola tenis yang masih baru adalah sesuatu yang hanya dipahami para pemain tenis," tulis Maia Wendel lewat akun Twitter-nya.

"Jangankan mencium aromanya, membuka kaleng berisi bola tenis yang masih baru tak ubahnya mencium aroma surga dalam kaleng," tulis netizen lainnya, Paige Marie.

Nyatanya bukan hanya Dominika yang punya kebiasaan unik ini. Kakak dari petenis Andy Murray asal Inggris, Jamie juga beberapa kali tertangkap kamera sedang mengendus bola tenis di lapangan.

Bahkan baru-baru ini ia terlihat membawa dan mengendus tiga bola tenis sekaligus, yang konon dilakukannya untuk menambah keberuntungan. Jadi siapa yang jadi trend setter?

Baca juga: Peneliti Sebut Manusia Bisa Mencium Bau Kematian

Percaya tak percaya, penciuman manusia sebenarnya sangat kuat, bahkan sama kuatnya dengan sejumlah hewan berpenciuman tajam seperti anjing dan hewan pengerat.

"Faktanya, manusia dapat membedakan satu triliun aroma yang berbeda," tegas John McGann, seorang ahli saraf dari Rutgers University-New Brunswick, New Jersey yang melakukan riset tentang kemampuan ini selama 14 tahun.

Bedanya terletak pada jumlah titik-titik saraf yang berfungsi sebagai reseptor penciuman pada manusia dan hewan. Akibatnya baik anjing maupun manusia memiliki kepekaan yang berbeda terhadap aroma tertentu.

Semisal anjing tidak lebih pandai daripada manusia ketika mencium amyl acetate atau aroma pada pisang. Tetapi untuk mencium aroma lain, anjing mungkin memiliki kemampuan jauh di atas manusia. (lll/up)
News Feed