Selasa, 11 Jul 2017 07:04 WIB

4 Hal Tak Terduga Ini Bisa Jadi Pertanda Tubuh Kurang Nutrisi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada beberapa gejala yang terjadi pada tubuh yang ternyata menunjukkan seseorang kurang nutrisi. (Foto: ilustrasi/iStock) Ada beberapa gejala yang terjadi pada tubuh yang ternyata menunjukkan seseorang kurang nutrisi. (Foto: ilustrasi/iStock)
Jakarta - Kurang nutrisi membuat tubuh menjadi mudah lelah. Akibatnya, Anda kurang fokus dan produktivitas bisa ikut menurun. Karenanya, Anda harus cermat mengenal kondisi tubuh Anda agar selalu sehat dan bugar.

Selain kulit yang kering, tanda-tanda di bawah ini bisa jadi gejala kurangnya nutrisi dalam tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Luka yang tak kunjung sembuh
Meskipun luka dan goresan tidak sembuh dalam waktu semalaman, namun dengan tubuh yang kurang nutrisi luka akan menjadi lebih lama untuk tertutup. Solusinya adalah dengan menambah asupan protein yang bisa memperbaiki jaringan. Harus diingat, porsi protein harian adalah 20 gram setiap makan berat dan 10-15 gram untuk makan ringan.

2. Gusi berdarah
Ketika Anda berdarah saat menggosok gigi, ada dua kemungkinan. Yang pertama karena Anda kurang menjaga kebersihan gigi, kemungkinan kedua karena Anda kekurangan vitamin K. Vitamin K yang berfungsi sebagai pembeku darah dapat Anda temukan di makanan seperti kale atau sayuran berwarna hijau gelap lainnya.

Baca juga: Wanita Indonesia 'Aktif' Bergerak Tapi Kurang Nutrisi

3. Masalah pada kuku
Seperti yang dituturkan oleh Colleen S. Bucher, nutrisionis dari Carolina, kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kuku memutih atau bergerigi. Bahkan bisa menyebabkan kuku berbentuk cekung seperti sendok. Kekurangan biotin meningkatkan risiko infeksi jamur yang dapat menyebabkan perubahan warna kuku, sementara kekurangan vitamin B-12 dapat membuat kuku Anda berwarna rona kecoklatan.

4. Rontok berlebih
Normalnya kita kehilangan 50-100 helai rambut per harinya. Jika lebih dari ini, dapat dipastikan Anda kekurangan nutrisi untuk rambut. "Kekurangan protein dan vitamin C dapat menyebabkan rambut kusut atau rapuh yang mudah rontok," kata Kaleigh McMordie, seorang nutrisionis dari Texas.

Baca juga: Catat! Ini Dua Syarat Utama Sarapan Sehat

(up/up)
News Feed