Selasa, 11 Jul 2017 16:05 WIB

Chelsea Islan Ungkap Bahagianya Punya Adik Angkat Pasien Kanker Otak

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Aisyah/detikHealth
Jakarta -

Chelsea Islan dikenal sebagai aktris yang punya jiwa sosial tinggi. Ia pun menuturkan sudah aktif dalam kegiatan sosial mengenai kanker sejak duduk di bangku SMP.

"Aku sering dateng ke Dharmais karena aku ada CSR program dari sekolah, aku baca dongeng, terus ngajarin gambar," ujarnya kepada rekan media, Selasa (11/7/2017), di acara yang diselenggarakan Komunitas Lovepink di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan.

Dari kegiatan sosial tersebut, Chelsea memiliki adik angkat yang juga terkena kanker. "Namanya Mario, dia terdiagnosis kanker otak, saat itu umurnya 8 tahun," kata pemeran film 'Refrain' ini seraya tersenyum. Chelsea yang saat itu masih kelas 1 SMP mengaku sering mengajarkan Mario banyak hal, misalnya menggambar dan bercerita.

Baca juga: Perjuangan Leni, Jualan Kue untuk Melawan Kanker Payudara Stadium Empat

Meskipun aktris kelahiran 1995 ini sudah cukup akrab dengan dunia kanker, namun tetap saja ketika mendengar kabar ibundanya divonis kanker payudara stadium 2B membuatnya yang saat itu duduk di bangku SMA merasa takut dan bingung. Akan tetapi, demi orang tuanya, ia mencoba untuk tegar dan memberi dukungan. Kini, ibunya sudah berhasil menjadi seorang survivor.

Beberapa tahun terakhir, Chelsea ikut aktif di Komunitas Lovepink yang didirikan oleh sang ibu. Komunitas ini bergerak memberikan dukungan bagi para penyintas kanker payudara lewat talkshow dan berbagai kegiatan lainnya. "Kita tidak boleh hidup untuk diri kita sendiri, tapi untuk orang-orang di sekeliling kita," ungkap Chelsea ketika ditanya mengenai alasan bergabung dengan komunitas tersebut.

Selain lewat kegiatan sosial secara langsung, Chelsea juga menyuarakan edukasi kanker payudara lewat peran seni yang ia lakukan. Seperti di film 'Pinky Promise', ia menjadi cameo perwakilan dari Komunitas Lovepink. Di film tersebut, Chelsea memberikan beberapa edukasi terkait kanker payudara. Hmm sudah cantik hatinya pun baik, ini baru artis yang bisa dijadikan panutan.

Baca juga: Duka Jermain Defoe untuk Fans Cilik yang Meninggal karena Neuroblastoma

(ajg/up)