Rabu, 12 Jul 2017 12:05 WIB

Wanita Ini Lawan Depresi Pasca Melahirkan dengan Jiu-jitsu

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Depresi pasca melahirkan bisa dialami ibu manapun. Shantelle Thompson mengalahkannya dengan teknik belajar bela diri asal Brazil, jiu-jitsu. (Foto: ABC Australia/Jane Cowan) Depresi pasca melahirkan bisa dialami ibu manapun. Shantelle Thompson mengalahkannya dengan teknik belajar bela diri asal Brazil, jiu-jitsu. (Foto: ABC Australia/Jane Cowan)
Jakarta - Shantelle Thompson tumbuh di lingkungan yang penuh dengan kekerasan. Saat usianya 6 tahun, ia mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh tetangganya sendiri.

Wanita berdarah keturunan aborigin ini memang memiliki kulit yang lebih cerah dibandingkan teman dan saudara-saudaranya yang lain. Tak pelak, ia pun menjadi perhatian banyak orang.

"Aku tidak pernah benar-benar cocok dengan siapapun. Aku belajar seni bela diri karena tidak ada yang mendengar perkataanku. Bagiku saat itu, lebih mudah berkata lewat tinju daripada mulut," ungkap wanita yang lahir dan besar di Mildura, Australia ini, dikutip dari ABC Australia.

Baca juga: Cerita Model Chrissy Teigen Soal Depresi Pasca Persalinan yang Dialaminya

Keterlibatannya di seni bela diri jiu-jitsu beranjak hingga dewasa. Prestasinya tak sedikit, Shantelle pernah menjuarai beberapa kejuaraan dunia. Dari jiu-jitsu pula ia akhirnya bertemu dengan sang suami, George Tuuholoaki.

Shantelle Thompson sedang melatih jiu-jitsuShantelle Thompson sedang melatih jiu-jitsu Foto: ABC Australia/Jane Cowan


Mereka pun menikah, dan memiliki anak pertama yang diberi nama Nacinta. Saat itu, Shantelle mengaku pernah mengalami gejala depresi pasca melahirkan, namun ia bisa mengatasinya dengan mudah berkat bantuan sang suami.

Baru ketika melahirkan anak kedua dan ketiganya, Jaida dan Soane, Shantelle mengalami gejala depresi pasca melahirkan yang cukup parah. Ia sering bermimpi buruk menyakiti pasangan anak kembar tersebut. Bahkan suatu ketika, ia mengaku pernah nyaris mencekik anaknya karena mengira dirinya sedang bermimpi.

Shantelle Thompson bersama anak kembarnya, Soane dan Jaida dalam perjalanan pulangShantelle Thompson bersama anak kembarnya, Soane dan Jaida dalam perjalanan pulang Foto: ABC Australia/Jane Cowan


Baca juga: Foto Ini Tunjukkan Sisi Lain Kehidupan Ibu Pasca Melahirkan

"Aku sering bermimpi melihat diriku memegang mayat tubuh anakku, dan aku tidak merasakan apa-apa. Aku pernah mencoba berobat ke dokter, namun begitu dokter menyebut soal perlindungan anak, aku langsung kabur," tuturnya.

Puncaknya, Shantelle pernah berpikir untuk melakukan bunuh diri dengan menabrakkan dirinya ke truk yang sedang melaju kencang. Namun sesuatu mencegahnya. Ia pun pulang ke rumah dalam keadaan menangis dan menceritakan masalahnya pada sang suami.

Mereka pun sepakat mencoba berolahraga lebih intens sebagai bentuk terapi. Langkah ini terbukti tepat karena Shantelle mengaku jarang mengalami mimpi buruk atau memiliki pikiran-pikiran jahat kepada anak-anaknya.

Baca juga: Waduh! Baru 8 Persen Pasien Depresi di Indonesia yang Tertangani

Shantelle Thompson sedang rekreasi di taman bersama anak dan suaminyaShantelle Thompson sedang rekreasi di taman bersama anak dan suaminya Foto: ABC Australia/Jane Cowan


"Aku akan pergi ke dojo dan berlatih jiu-jitsu. Dengan begitu, aku tidak bisa memikirkan hal-hal buruk karena pikiranku dipenuhi dengan berbagai trik untuk bisa lepas dari pitingan dan bantingan lawan," papar wanita berusia 33 tahun ini.

Hal inilah yang membuatnya bisa tegar menjalani kehidupan hingga sekarang. Bahkan Shantelle dan suaminya membuka kelas workshop bagi wanita-wanita yang ingin belajar seni bela diri. Ia pun mendapat julukan Barkindji Warrior berkat ketangkasannya, dan Mama Bear karena sifatnya yang penyayang.

"Mungkin dari luar terlihat mengerikan. Namun seni bela diri mampu membantuku dan mereka yang memiliki pengalaman buruk dan trauma untuk menyalurkannya. Bukan hanya soal kekuatan fisik, namun juga ketahanan mental," tutupnya.

Baca juga: Alami Depresi Pasca Melahirkan, Begini Curhat Penyanyi Adele

(mrs/up)
News Feed