Jumat, 14 Jul 2017 09:41 WIB

Pertolongan Pertama Saat Vertigo Menyerang

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ketika mengalami vertigo, seseorang bisa merasa sangat pusing hingga tak bisa melakukan apapun. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Ketika mengalami vertigo, seseorang bisa merasa sangat pusing hingga tak bisa melakukan apapun. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Pusing tujuh keliling merupakan salah satu ekspresi yang menandakan sakit kepala yang hebat dan terasa berputar. Dalam istilah medis, sakit kepala berputar disebut sebagai vertigo.

Ketika mengalami vertigo, seseorang bisa merasa sangat pusing hingga tak bisa melakukan apapun. Jika ini terjadi pada keluarga Anda, atau kebetulan berada di dekat seseorang yang mengalami vertigo, jangan segan untuk melakukan pertolongan pertama.

Dikutip dari WebMD, yang harus dilakukan pertama kali saat seseorang mengalami vertigo adalah berbaring di atas permukaan datar. Letakkan kepala dalam posisi nyaman dengan bantal dan hindari perubahan posisi yang tiba-tiba.

Baca juga: Mengatasi Vertigo yang Kambuh

Pijat kedua daun telinga sembari melakukan senam pernapasan selama 15-30 menit. Ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, agar tubuh dapat terasa rileks dan santai.

Kambuhnya penyakit vertigo juga bisa membuat seseorang jatuh mendadak. Oleh karena itu, amankan area sekitar dari barang-barang berbahaya seperti benda tajam, benda beracun atau benda-benda berat.

Bantu pasien keluar dari kendaraan jika serangan vertigo terjadi ketika menyetir. Berikan air putih hangat dan usahakan jauh dari kebisingan, sinar matahari langsung, dan juga alat-alat berat.

Baca juga: Kenalilah, Ini Macam-macam Vertigo dan Gejalanya

Jangan lupa untuk segera menelepon nomor darurat 118 dan 119 jika membutuhkan bantuan lebih lanjut. Sebagian besar kasus vertigo memang tidak akan membahayakan nyawa, namun pasien tetap harus mendapat pengecekan lebih lanjut untuk memastikan kondisinya.

Penyebab vertigo sendiri bermacam-macam. Setidaknya, ada 4 hal yang diketahui dapat menyebabkan vertigo yakni gangguan saraf telinga, kelainan otak, stroke hingga penyakit meniere. (mrs/up)