Rabu, 19 Jul 2017 06:00 WIB

Ciri-ciri Mental Pelaku Bullying: Egois dan Mau Menang Sendiri

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Perilaku bullying yang marak akhir-akhir ini tidak bisa dipisahkan dari kondisi mental pelaku. Pakar mengatakan pelaku bullying biasanya memiliki ciri-ciri sifat yang bisa dilihat.

dr Andri SpKJ dari Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera, mengatakan bullying memang bisa menimpa siapa saja. Namun tidak semua orang memiliki sifat bully dan bisa menjadi pelaku bullying.

"Seorang pelaku bully bisa kelihatan sifatnya, yakni egois, mau menang sendiri, dan sering meledek orang lain yang memiliki kekurangan," tutur dr Andri kepada detikHealth.

Baca juga: Marak Kasus Bullying, Dokter Jiwa: Harus Jadi Perhatian Serius

Alasan pelaku melakukan bully dikatakan dr Andri bisa saja bersumber dari ketidaksukaan terhadap korban. Misalnya, korban dianggap berbeda karena memiliki kondisi mental atau fisik yang berbeda dengan dirinya.

"Bisa jadi korban lebih cantik, atau lebih ganteng. Atau karena korban dianggap lebih bodoh atau bahkan lebih pintar," tambahnya lagi.

Simak tipe dan dampak bullying pada anak di video Bincang Sehat berikut ini:




Perhatian khusus harus diberikan pada pelaku bully. Dikatakan dr Andri, perilaku bullying muncul karena pelaku juga memiliki masalah, baik itu masalah keluarga ataupun di lingkungan permainan.

Baca juga: Trauma Karena Bullying, Risikonya Depresi Hingga Bunuh Diri

Namun sayangnya, pelaku tidak bisa beradaptasi dan menyelesaikan masalah yang dimilikinya dengan baik. Sehingga muncul ide untuk melampiaskannya dengan cara membully orang lain.

"Karena itu pelaku pelaku bully juga perlu dapat perhatian. Dicari tahu apa masalahnya dan bagaimana penyelesaiannya," tutupnya.

Baca juga: Bully Semakin Menjadi, Pengamat: Perlu Dibangun Empati ke Sesama

(mrs/up)