Kamis, 20 Jul 2017 19:10 WIB

Ini Sederet Selebriti Dunia dengan Hepatitis C Diduga Karena Narkoba

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ada beberapa selebriti dunia yang didiagnosis hepatitis C. Foto: Thinkstock Ada beberapa selebriti dunia yang didiagnosis hepatitis C. Foto: Thinkstock
Jakarta - Hepatitis adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Kebanyakan yang didapati adalah hepatitis A, B, dan C. Lebih parahnya lagi, sekarang belum ditemukan vaksin untuk mecegah tertularnya virus hepatitis C.

Salah satu cara penularan hepatitis C dikarenakan oleh penggunaan jarum suntik yang tidak steril pada penyalahgunaan napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya).

Dirangkum oleh detikHealth dari berbagai sumber, inilah sederet selebriti dunia yang dikabarkan tertular hepatitis C karena penyalahgunaan napza:

1. Angelina Jolie

Artis Hollywood ini nampaknya dikabarkan pernah mengidap penyakit hepatitis C pada tahun 2012. Aktris yang membintangi film "Maleficent" ini mengatakan bahwa penyakit ini dikarenakan kebiasaan buruknya di masa lalu yang sempat kecanduan heroin. Jolie membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh dari penyakit ini.

Angelina Jolie didiagnosis hepatitis C.Angelina Jolie didiagnosis hepatitis C. Foto: Ist.


Baca juga: Adakah Kaitan Vaksin Hepatitis A dengan Tubuh yang Mudah Lelah?

2. Natalie Cole

Penyanyi legendaris asal Amerika ini didiagnosis hepatitis C. Natalie mengaku bahwa masa lalunya yang kelam dengan pengalahgunaan obat-obatan terlarang dengan media jarum suntik adalah penyebab dari muncul penyakit ini.

"Hepatitis C menjangkiti tubuhku selama 25 tahun dan hal ini bisa terjadi pada wanita muda ini atau pecandu lainnya yang bermain-main dengan obat-obatan, terutama jarum suntik," katanya dikutip dari detikHOT, Kamis (20/7/2017).

Setelah berjuang dengan berbagai macam pengobatan, akhirnya Natalie menyerah pada penyakit ini. Ia meninggal dunia pada akhir tahun 2015 saat usianya 65 tahun.


Penyanyi legendaris, Natalie Cole mengidap hepatitis C.Penyanyi legendaris, Natalie Cole mengidap hepatitis C. Foto: Getty Images



3. David Marks

Personel grup musik rock Amerika Serikat The Beach Boy, David Marks juga didiagnosis penyakit hepatitis C. Ia mengaku tidak mendapati gejala apapun. Menurutnya, penyakit ini disebabkan banyak faktor yang salah satunya adalah penyalahgunaan obat-obatan yang dilakukannya pada tahun 1970-an. Beruntungnya ia dinyatakan terbebas dari virus tersebut dalam jangka waktu enam bulan setelah diagnosis.

4. David Crosby

Musisi asal Amerika ini mengaku mengidap hepatitis C di tahun 1994. Ia mengira penggunaan narkoba golongan 4 lah yang menyebabkan penyakit ini mengintai hidupnya. Karena kerusakan hatinya, ia harus melakukan tranplantasi hati. Pada tahun 2004, Crosby menyatakan bahwa dirinya sudah sehat.

5. Lou Reed

Lou Reed yang lahir pada 2 Maret 1942 ini didiagnosis hepatitis C dan berbagai penyakit hati lainnya. Dikabarkan bahwa penyakitnya ini dikarenakan penyalahgunaan obat-obatan terlarang dengan media jarum suntik. Ia harus melakukan tranplantasi hati untuk kesembuhannya. Sayangnya, musisi rock asal Amerika ini harus menyerah pada penyakit tersebut saat berusia 71 tahun, tepatnya pada Oktober 2013.

Baca juga: Aktor Bollywood Amitabh Bachchan Ditunjuk Jadi Duta Hepatitis

(wdw/up)