Jumat, 21 Jul 2017 15:35 WIB

Chester Bennington dan Riwayat Hernia Hiatus yang Pernah Diidapnya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Chester Bennington (Foto: Kevin Winter/Getty Images)
Jakarta - Vokalis Linkin Park, Chester Bennington, meninggal akibat bunuh diri kemarin waktu setempat. Semasa hidupnya, Chester disebut pernah mengidap hernia hiatus. Kondisi ini beberapa kali sempat membuat aksi panggungnya terganggu.

Saksiskan video 20detik mengenai Fakta di Balik Kematian Chester Bennington di sini:



Pada sekitar tahun 2003, Chester dikabarkan sempat mengalami gangguan pada pencernaannya. Kondisi ini bahkan sempat membuat Chester muntah di panggung.

Hernia sendiri merupakan kondisi di mana jaringan otot sekitar tubuh, khususnya area perut, menjadi lemah. Imbasnya, organ dalam tubuh yang ada di sekitarnya terdorong. Hernia hiatus terjadi ketika sebagian lambung terdorong naik ke diafragma.

Baca juga: Chester Bennington dan Chris Cornell, Teman Karib yang Sama-sama Gantung Diri

Diafragma memiliki sebuah lubang atau hiatus yang berfungsi menghubungkan esofagus dan lambung. Ketika terjadi masalah di area tersebut, lambung bisa muncul melalui lubang ini hingga mencapai diafragma, bahkan sampai ke rongga dada.

Gejala dari hiatus hernia ini bermacam-macam, mulai dari sensasi terbakar di dada, naiknya asam lambung ke kerongkongan, mual muntah, sesak napas, hingga sulit menelan. Dalam percakapan dengan MTV kala itu, Chester mengaku kerap mengalami gejala-gejala tersebut.

"Makanan seperti tidak bisa tinggal lama di perut saya. Jadi rasanya tidak nyaman, terutama saat sedang bernyanyi. Sensasi terbakar ini muncul terus-menerus," ungkap Chester saat itu.

Tak mau tampil lip-sync, Chester tetap berupaya untuk bernyanyi meski kondisi tubuhnya saat itu tidak memungkinkan. Chester pun sempat benar-benar lemah hingga harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Baca juga: Kata Pakar, Ini Alasan Chester Bennington Bunuh Diri Saat Ultah Chris Cornell

Dikutip dari Web MD, penyebab dari hernia hiatus bermacam-macam. Mulai dari bawaan sejak lahir, adanya luka atau robekan di area diafragma, hingga tekanan pada jaringan otot di sekitar hiatus. Kegemukan juga bisa menjadi faktor penyebab dari hernia hiatus.

Chester sempat direkomendasikan untuk menjalani operasi guna mengatasi penyakitnya. Namun belum diketahui secara pasti apakah dirinya sempat operasi sejak didiagnosis hernia hiatus pada tahun 2003 tersebut.

Selain diagnosis ini, Chester juga diketahui mengalami kecanduan alkohol dan obat-obatan. Ia juga kerap mengaku mengalami depresi. Simak video 20detik tentang kematian Chester Bennington berikut:



Baca juga: Chester Bennington Bunuh Diri, Tanda Seleb Juga Rentan Depresi

(ajg/fds)