Senin, 24 Jul 2017 13:03 WIB

Pamer Paha Berurat usai Balapan, Pebalap Sepeda Ini Jadi Perbincangan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto paha berurat atau disebut varises pembalap sepeda Tour de France, Pawel Poljanski. Foto: Instagram/Pawel Poljanski
Jakarta - Pembalap sepeda profesional, Pawel Poljanski baru-baru ini mengunggah foto kakinya dipenuhi pembuluh darah menggembung atau biasa disebut varises di Instagramnya. Keadaan itu didapatinya setelah menyelesaikan tahap ke-16 dalam kejuaraan paling bergengsi dunia, Tour de France. Hingga kini, lebih dari 44 ribu likes membanjiri foto pawel di instagram.

Mengapa bisa terjadi demikian? Menurut ahli medis yang dikutip dari BBC, lemak tubuh yang rendah merupakan faktor utama terjadinya hal itu. Selain itu, pembuluh darah vena yang membesar itu adalah hasil dari sejumlah besar darah yang mengalir menuju kaki juga.

Bagi sebagian orang yang bugar, terutama atlet, sering memiliki pembuluh darah yang menonjol. Mereka memiliki lemak tubuh rendah sehingga pembuluh darah lebih dekat ke permukaan kulit.

Keadaan kaki Pawel Poljanski setelah menyelesaikan tahap ke-16 Tour de FranceKeadaan kaki Pawel Poljanski setelah menyelesaikan tahap ke-16 Tour de France Foto: Instagram/Pawel Poljanski


Baca juga: Ada Varises di Vagina, Ibu Hamil Disarankan Melahirkan dengan Prosedur Caesar

Sistem kardiovaskular yang kuat juga menghasilkan volume darah yang lebih besar pada pembuluh darah yang dipompa kembali ke jantung, jumlahnya dapat meningkatkan volume ini hingga 10 kali lipat.

"Jumlah darah yang biasanya turun ke kaki kita lima liter per menit. Bagi atlet yang tidak terlatih, latihan maksimal akan membuat darah turun ke kaki sebanyak 20 liter per menit. Sedangkan pesepeda profesional ini akan memiliki dua kali lipat, sekitar 40 liter per menit. Banyak sekali darahyang ada di sana dan itulah yang terjadi dalam kasus ekstrem ini," jelas Dr Bradley Launikonis dari University of Queensland School of Biomedical Science dikutip dari Daily Mail, Senin (24/7/2017).

Selain itu, filtrasi cairan dari kapiler kecil ke otot meningkatkan ukuran otot saat berolahraga, selanjutnya mendorong keluar pembuluh darah permukaan sehingga tampak menonjol.

Disebut pula bahwa kelelahan setelah menyelesaikan 16 tahap dalam kejuaraan itu menjadi salah satu faktor penyebab varisesnya. Panas yang dihasilkan setelah berolahraga membuat pelebaran pada pembuluh darah, yang menyebabkan pembuluh darahnya menonjol ke permukaan kulit.

Karena para pembalap sepeda ini harus menyelesaikan 21 tahap dalam kejuaraan yang diadakan di Perancis ini, mereka diharuskan untuk menjaga dan memeriksakan kesehatannya selalu. Evaluasi kesehatan jantung, otot dan tulang yang baik dapat mempertahankan tingkat pengerahan tenaga.

Baca juga: Sering Kejang dan Sakit Kepala? Cek Segera, Mungkin Ada Varises di Otak

(wdw/up)