Senin, 24 Jul 2017 16:13 WIB

Olahraga Terlalu Berat Bisa Sebabkan Varises? Ini Kata Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto paha berurat pembalap sepeda Tour de France, Pawel Poljanski. Foto: Instagram/Pawel Poljanski
Jakarta - Olahraga adalah aktivitas fisik yang disukai oleh banyak orang dengan jenis olahraga, frekuensi, dan itensitas yang berbeda-beda. Dengan olahraga, tubuh akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun ternyata olahraga juga dapat menimbulkan efek negatif. Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO olahraga berlebihan dapat menyebabkan varises.

Varises adalah pelebaran dan pembesaran pembuluh darah balik (vena) yang biasanya terjadi pada bagian kaki. "Pembuluh darah yang ke daerah sana (kaki) harus terjamin dan cukup suplainya. Karena kalau kita olahraga berarti melatih otot-otot kita kita untuk melakukan yang kita perintahkan," ujar dr Michael saat dihubungi detikHealth, Senin (24/7/2017).

Baca juga: Pamer Paha Berurat usai Balapan, Pebalap Sepeda Ini Jadi Perbincangan

Selanjutnya, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP, MD juga menuturkan hal yang sama.

"Angkat barbel, olahraga yang dorong, tarik tambang, yang berat-berat bisa varises. Tapi kalau olahraga yang ringan, enggak," katanya kepada detikHealth di hari yang sama.

dr Isman menjelaskan bahwa aktivitas yang berat dapat meningkatkan suplai darah ke pembuluh darah vena. Sedangkan varises diakibatkan oleh inkompetensi vena itu sendiri.

Hal ini menyebabkan vena tidak mengalirkan darah kembali ke jantung sehingga pembuluh darah yang mengalami penumpukan akan melebar dan membesar.

Agar tidak mengalami varises, dr Isman menganjurkan untuk mengimbanginya dengan jenis olahraga yang lebih ringan seperti aerobik atau jogging. "Harus makan sehat, hidup sehat, hindari mengejan, merokok dan alkohol," pungkasnya.

Baca juga: Ada Varises di Vagina, Ibu Hamil Disarankan Melahirkan dengan Prosedur Caesar

(wdw/up)