Senin, 24 Jul 2017 18:05 WIB

Duduk Salah Posisi, Hati-hati Muncul Varises di Kaki

Widiya Wiyanti - detikHealth
Hati-hati, duduk salah posisi bisa menyebabkan varises di kaki (Foto: thinkstock) Hati-hati, duduk salah posisi bisa menyebabkan varises di kaki (Foto: thinkstock)
Jakarta - Varises merupakan keadaan yang umum sekali didengar oleh orang awam. Namun, mereka tidak mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan hal itu terjadi.

Hal-hal yang kita anggap sepele bisa jadi hal yang dapat merugikan nantinya. Salah satunya posisi duduk, ternyata posisi duduk yang kurang baik jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan varises.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Isman Firdaus, SpJP, MD posisi duduk yang baik adalah dengan kaki bagian atas (bagian paha) dan bagian bawah (bagian betis) membentuk sudut 45 derajat.

"Boleh duduk bersila, tapi jangan terlalu lama," ujar dr Isman saat dihubungi detikHealth, Senin (24/7/2017).

Baca juga: Pamer Paha Berurat usai Balapan, Pebalap Sepeda Ini Jadi Perbincangan

Penampakan kaki pebalap sepeda Pawel Poljanski yang berurat usai lombaPenampakan kaki pebalap sepeda Pawel Poljanski yang berurat usai lomba Foto: Instagram/Pawel Poljanski


Menurutnya terlalu lama duduk dengan posisi seperti itu akan mengganggu aliran darah balik menuju jantung yang dilakukan oleh pembuluh darah balik (vena). Hal tersebut awalnya akan menyebabkan rasa 'kesemutan' atau istilah medisnya disebut parestesia. Lama kelamaan dapat menyebabkan varises.

Varises diakibatkan oleh inkompetensi vena. Hal tersebut membuat vena tidak mengalirkan darah kembali ke jantung sehingga pembuluh darah yang mengalami penumpukan. Pada saat itu lah pembuluh darah akan melebar dan membesar.

"Duduk seperti orang Jawa yang kakinya ke belakang itu juga (sebabkan varises). Betis sama paha sudutnya 20-25 derajat, aliran darah ke atas terganggu," imbuh dokter yang praktik di RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

dr Isman lebih menganjurkan untuk duduk dengan posisi kaki lurus, karena dengan begitu aliran darah balik akan mengalir dengan baik. Selain itu untuk menghindari terjadinya varises, dr Isman menyarankan untuk menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat disertai dengan olahraga ringan secara rutin.

Baca juga: Olahraga Terlalu Berat Bisa Sebabkan Varises? Ini Kata Dokter

(wdw/up)