Rabu, 26 Jul 2017 13:07 WIB

Marak Dijual Pemutih Gigi Instan, Aman atau Tidak Ya?

Ajeng Anastasia Kinanti, Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Gigi yang indah bisa menunjang penampilan. Salah satu kriterianya adalah memiliki deretan gigi yang putih bersinar. Demi memenuhi tuntutan, kini banyak beredar pemutih gigi instan dengan harga yang terjangkau. Berbahaya atau tidak ya?

drg Diono Susiolo, saat ditemui di sela konferensi pers Indonesia Dental Exhibition & Conference 2017, Rabu (26/7/2017), mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan pemutih gigi tanpa bantuan dokter gigi.

"Kalau kita lihat, pemutih itu menggunakan bahan kimia, ada skala legal ada skala ilegal. Kalau ternyata dosisnya berlebihan itu malah merapuhkan, karena itu yang diputihkan adalah emailnya bukan yang lain," terang ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jakarta Selatan tersebut.

Baca juga: Waduh! Dokter Gigi di Indonesia Masih Belum Punya Alat yang Memadai

Memutihkan gigi secara sempurna yang baik pun idealnya tidak didapatkan dalam hari yang sama. Jadi menurutnya, butuh usaha ekstra dan agak sulit untuk memutihkan gigi, sekalipun menggunakan bahan kimia.

Hal ini dikarenakan adanya efek samping yang harus diperhatikan ketika menggunakan pemutih dengan bahan kimia. "Makanya harus dilakukan oleh profesional," tegasnya.

Dibanding menggunakan pemutih yang belum tentu aman, ada baiknya untuk mencoba memutihkan gigi secara alami. Caranya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan seperti stroberi hingga jeruk nipis yang sudah terbukti bisa memberikan hasil.

Baca juga: Nyeri Saat Tambal Gigi, Wajar atau Nggak Ya?


(ajg/ajg)