Rabu, 26 Jul 2017 15:35 WIB

Benarkah Makanan Pedas Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Kata Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Makanan pedas tidak menyebabkan penurunan berat badan. Foto: iStock/ msn.com Makanan pedas tidak menyebabkan penurunan berat badan. Foto: iStock/ msn.com
Jakarta - Beberapa pembaca detikHealth berpendapat bahwa alasannya mengonsumsi makanan pedas karena dapat menurunkan berat badan. Apakah benar demikian?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RS Mayapada Tangerang, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH mengonsumsi makanan pedas tidak ada kaitannya dengan penurunan berat badan.

"Tidak terbukti. Paling yang punya sakit mag makin parah, terus nggak mau makan, ya bisa turun berat badannya," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Rabu (26/7/207).

dr Hendra menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pada lambung, misalnya diare. Namun tidak semua orang yang mengonsumsi makanan pedas dapat mengalami diare, karena kondisi lambung setiap orang berbeda-beda.

Baca juga: Doyan Makanan Pedas Berbahaya untuk Tubuh? Yuk Intip Penjelasan Dokter

Hal serupa juga dikatakan oleh pakar saluran cerna, dr. Unggul Budihusodo, Sp.PD, KGEH, bahwa mengonsumsi makanan pedas tidak menimbulkan efek penurunan berat badan.

"Engga ada, kalau mencret kali berat badannya turun," candanya saat dihubungi detikHealth di hari yang sama.

Parahnya, dokter yang merupakan ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI) ini mengatakan bahwa makanan pedas bisa memperburuk kondisi lambung orang yang memiliki sakit maag atau mag.

"Bisa berdarah lambungnya, makanya jangan makan pedas," pungkas dr Unggul.

Saksikan video Bincang Sehat bersama dr Errawan mengenai bahaya atau tidaknya makanan pedas berikut ini.


Baca juga: Hindari Makanan Pedas Kalau Punya Sakit Mag, Ini Alasannya


(wdw/up)