Jumat, 28 Jul 2017 11:35 WIB

Curhat Seorang Istri yang Paru-paru Suaminya Harus Dibor Karena Rokok

Firdaus Anwar - detikHealth
Agun ketika masih sehat dan ketika paru-parunya harus dibor. (Foto: Facebook/Agun Gunawan)
Jakarta - Sebuah postingan oleh akun Facebook bernama Agun Gunawan dan Rossa Ocha menarik perhatian para pengguna yang lain. Keduanya diketahui pasangan suami istri muda dari Cirebon dengan Agun sedang dalam kondisi sakit dan Rossa bercerita tentang apa yang menimpanya.

"Awalnya dia (Agun -red) mengeluh dada sesak, susah napas, tidur, susah duduk, sampai bergerak kiri kanan pun susah. Nyeri di dada kanan yang amat sakit sampai tidak bisa melakukan apapun," kata Rossa seperti dikutip dari halaman Facebooknya, Jumat (28/7/2017).

Baca juga: Cerita Viral Pria yang Matanya Kena Bara Rokok Saat Bermotor

Setelah menemui dokter, Agun menerima beberapa jenis obat yang ia minum dengan rutin sampai habis namun hal tersebut ternyata tidak membantu kondisi nyerinya. Akhirnya atas saran dari keluarga dekat Agun beberapa waktu kemudian kembali menemui dokter spesialis dan menjalani rontgen paru.

Hasilnya menunjukkan apa yang dicurigai sebagai tumor di paru-paru. Rossa mengatakan ia mengetahuinya setelah membaca hasil rontgen itu dan mencari tahu sendiri.

"Tumor entah itu ganas/jinak kita enggak tahu karena belum ke dokter ahli paru langsung. Setelah pergi dibacakan... dokter manapun tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan saya satupun itu sakit apa? parah tidak? apa harus diangkat? Sampai dikasihlah surat rujukan untuk memeriksa di ahli paru," kata Rossa.

"Setelah giliran kita untuk konsultasi, diceklah hasil rontgen suami dan ternyata dengan tegas dan suara keras dokter berbicara 'Mas, Mba. Ini bukan benjolan tumor tapi paru-parunya kempes harus dirawat dibor di bawah ketiak diselang biar semua udara di paru keluar,'" lanjut Rossa.

Paru-paru Agun harus dibor diduga karena dampak rokok.Paru-paru Agun harus dibor diduga karena dampak rokok. Foto: Facebook/Agun Gunawan


Tidak dijelaskan secara rinci namun apa yang dialami oleh Agun kemungkinan adalah pneumothorax atau paru-paru runtuh. Pneumothorax terjadi ketika ada kebocoran udara ke dalam ruang antara paru-paru dan dinding dada. Akibatnya paru jadi terdesak oleh udara yang bocor dan menimbulkan rasa nyeri.

Mengapa udara bisa keluar dari paru dan masuk rongga dada? Penyebabnya bisa karena ada cedera atau kerusakan yang dialami oleh paru-paru. Pada kasus Agun dicurigai kebiasaan merokok yang jadi pemicu.

"Ini suami saya bukan perokok berat loh hanya biasa saja 1 bungkus bisa 2-3 hari... Mereka yang tidak merasakan begini hanya beruntung saja tidak mengalami gejalanya, tapi kalian sebenarnya punya masalah berat karena sebenarnya paru-paru kalian sudah pasti rusak," kata Rossa.

"Semoga kejadian ini tidak menimpa kalian di luar sana ya, sayangi diri mu sehat itu mahal. Enggak enak loh suer," pungkas Rossa.

Hingga saat ini postingan Agun dan Rossa di Facebook sudah dibagikan lebih dari 55 ribu kali dan menarik reaksi dari 23 ribu orang lain.

Baca juga: Viral, Cerita Suami Beli Motor dari Uang Hasil Berhenti Merokok (fds/up)