Jumat, 04 Agu 2017 14:05 WIB

Tora Sudiro Terjerat Narkoba Tapi Tubuhnya Tetap Bagus, Kok Bisa?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia ditangkap polisi karena menyalahgunakan obat dumolid. (Foto: Dok. detikHOT)
Jakarta - Penyalahgunaan obat terlarang identik dengan bentuk tubuh yang sangat kurus. Orang menyebutnya, mirip 'junkies'. Namun berbeda pada aktor Tora Sudiro yang baru-baru ini dinyatakan mengonsumsi obat keras dan bertanggung jawab atas kepemilikan 30 butir obat Dumolid. Tubuhnya tetap padat berisi.

Menanggapi hal ini, psikiater Klinik Psikosomatik, dr Andri SpKJ mengatakan bahwa penggunaan obat jenis nitrazepam pada dasarnya tidak mengubah postur tubuh penggunanya. Sebab obat tersebut hanya aktif untuk membuat seseorang merasa tenang.

"Efek ke tubuh jadi kurus atau bagus itu nggak ada. Cuma bikin tenang. Tapi kalau disalahgunakan malah berkebalikan efeknya," kata dokter yang praktik di RS OMNI Alam Sutera ini.

Baca juga: Ini Sebabnya Dumolid yang Menjerat Tora Sudiro Tak Boleh Disalahgunakan

Lantas, apakah hal ini juga berlaku pada pengguna jenis narkoba lainnya? Menurutnya dampak berubahnya fisik seorang pengguna tergantung pada jenis narkobanya sendiri, sehingga tidak semua pengguna narkoba dapat mengalami perubahan postur badan.

"Misalnya kalau pakai narkoba jenis heroin, putaw atau sejenis ganja baru itu bisa bikin orang terlihat kurus, jelek lama-lama (postur tubuh)," sambung dokter berkacamata ini.

Sedangkan, pengguna narkoba jenis sabu atau ekstasi, dr Andri melanjutkan tidak memiliki postur tubuh yang berubah menjadi kurus. Pasalnya, narkoba jenis tersebut memiliki sifat stimulan atau penambah tenaga sehingga tidak berdampak pada fisik seorang pengguna.

Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia ditangkap penegak hukum karena menyimpan 30 butir Dumolid. Ini adalah obat penenang golongan benzodiazepam, dengan kandungan zat aktif nitrazepam. Obat ini hanya boleh dibeli dengan resep dokter, tapi sering disalahgunakan.

Baca juga: Fakta-fakta Dumolid, Obat Penenang yang Menjerat Tora Sudiro (up/up)