Senin, 07 Agu 2017 18:14 WIB

Berisi Cairan, Hati Wanita Ini Membesar 8 Kali Lipat di Atas Normal

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Murray dari Queensland, Australia, diketahui memiliki kondisi turunan bernama polycystic kidney disease (PKD). Hal tersebut menyebabkan hatinya untuk terus membesar karena ditumbuhi oleh kista jinak yang berisi cairan.

Selama sekitar tujuh tahu menunggu sampai ada hati pengganti dari donor, Murray menggambarkan hidupnya seperti wanita hamil karena perut yang membesar. Hingga akhirnya pada tahun 2014 Murray pun bisa menjalani operasi transplantasi.

Baca juga: Perut Membesar dan Keras, Apakah Itu Tumor atau Kanker?

Ketika dikeluarkan dari tubuh, hati Murray yang asli dideskripsikan oleh dokter luar biasa besar. Dengan berat mencapai sekitar 12 kilogram (kg) hatinya itu delapan kali lebih besar dari hati normal yang rata-rata hanya sekitar 1,5 kg.

Bila kondisi tersebut dibiarkan, Murray bisa saja kelak mengalami kegagalan hati yang fatal.

Berisi Cairan, Hati Wanita Ini Membesar 8 Kali Lipat di Atas NormalFoto: The University of Queensland/Live Science


Murray sendiri karena merasa telah diselamatkan oleh donor, ia memilih untuk mendonasikan hati aslinya itu ke sekolah dokter di Integrated Pathology Learning Centre, University of Queensland. Murray berharap hati itu dapat menjadi sampel penting bagi para peneliti.

"Ini adalah cara saya untuk berbagi dan berkontribusi pada ilmu pengetahuan," kata Murray seperti dikutip dari Live Science, Senin (7/8/2017).

Baca juga: Mereka yang Berperut Buncit Tetapi Bukan Karena Hamil

(fds/up)