Selasa, 08 Agu 2017 17:49 WIB

Ini Sebabnya Otot Terasa Sakit Usai Berolahraga

Widiya Wiyanti - detikHealth
Otot kerap terasa sakit usai olahraga berat atau bagi yang baru mulai olahraga. Foto: thinkstock
Jakarta - Pernahkah pada saat bangun tidur mengalami sakit pada otot-otot setelah melakukan olahraga pada hari sebelumnya? Kebanyakan orang pasti akan menjawab sering, terlebih bagi orang yang tidak cukup rutin berolahraga.

Dikutip dari Huffington Post, Selasa (8/8/2017) bahwa rasa sakit tersebut dalam dunia medis disebut delayed onset muscle soreness (DOMS). Yaitu semacam rasa nyeri yang menyebar di otot setelah melakukan olahraga berat.

"Biasanya hanya satu atau dua hari setelah latihan baru, atau latihan yang tidak biasa dilakukan," ujar kepala tim dokter untuk bidang olahraga di Universitas North Carolina, Thomas Brickner.

DOMS terjadi karena adanya luka mikroskopis yang menyebar pada otot-otot itu sendiri dan juga terjadinya peradangan.

"Biasanya nyeri otot semacam ini hanya ketidaknyamanan pada otot agak menyebar, tapi rasa sakit biasanya hanya ringan dan otot masih bisa digerakkan," kata Brickner.

Baca juga: Awas Otot Robek! Ini Saran Dokter Bagi yang Sering 'Maksa' Saat Nge-Gym

Namun jika sakit otot pasca berolahraga ini terasa sangat menyakitkan, Brickner mengatakan bahwa ini mungkin tanda rhabdomyolysis. Yaitu kondisi yang terjadi saat otot mengalami kerusakan atau cedera parah akibat latihan yang berlebihan.

Olahraga ekstrem sebenarnya bisa menyebabkan kematian sel otot itu sendiri. Ketika sel mati, mereka melepaskan racun ke dalam aliran darah yang dapat menyebabkan imobilitas otot tersangkut, kaku, dan bengkak.

Pada saat itu, otot juga melepaskan mioglobin (protein berukuran kecil yang berfungsi menyimpan dan memindahkan oksigen) ke dalam ginjal, sehingga bisa membuat kencing berdarah.

Baca juga: Ingin Kurus, Malah Jatuh Sakit Karena Olahraga Berlebihan

(wdw/up)