Rabu, 09 Agu 2017 13:35 WIB

Agar Kulit Selangkangan Tak Iritasi Akibat Pakaian Dalam, Perhatikan Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ilustrasi mencegah iritasi pada selangkangan/Foto: thinkstock
Jakarta -
Rasa perih dan tak nyaman biasa dikeluhkan seseorang ketika mengalami lecet di area sela paha atau selangkangan. Salah satu penyebabnya adalah pemakaian pakaian dalam yang tidak tepat.

Dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala SpKK mengatakan bahwa iritasi pada selangkangan atau disebut textile contact dermatitis didefinisikan sebagai manifestasi akibat bahan kain pakaian tersebut.

"Penyebabnya adalah serat-serat kain tersebut atau bahan-bahan yang digunakan untuk memproses kain seperti formaldehyde untuk mengurangi kusut, Para-phenylenediamine sebagai pewarna," ujar dr Galih.

Sementara menurut dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali beberapa waktu lalu, penyebab terjadinya lecet di kulit seseorang adalah kelembaban. Terlebih pada wanita yang harus menggunakan pembalut penting baginya untuk mengontrol kelembaban area selangkangan agar tak mudah lecet.

Baca juga: Gatal di Selangkangan Wanita, Cek ke Dokter Kulit atau Kandungan?

"Sama seperti pemakaian pampers pada bayi, lembab awal mula terjadinya lecet. Lembab menyebabkan jamur bersarang di area selangkangan, hal lainnya bisa juga karena alergi pada bahan pembalut yang digunakan sehingga menyebabkan lecet," papar dr Laksmi.

Untuk mengatasi iritasi kulit selangkangan, imbuh dr Galih adalah dengan memberikan salep anti iritasi. Selain itu perhatikan pula pakaian dalam dengan mengganti pakaian dalam yang lebih cocok.

"Tips wear gunakan pakaian dari bahan kain alami seperti katun, gunakan pakaian berwarna terang karena penggunaan bahan pewarnanya lebih sedikit, gunakan pakaian yang longgar pada kondisi lembab atau panas," pesan dr Galih.

Baca juga: Aneka Sebab Miss V dan Selangkangan Jadi Gatal Setelah Bercukur (hrn/fds)