Selasa, 15 Agu 2017 17:09 WIB

Berlebihan Konsumsi Protein, Body Builder Ini Meninggal

Widiya Wiyanti - detikHealth
Meegan Hefford seorang body builder meninggal karena berlebihan konsumsi protein. Foto: Instagram/meeganheff
Jakarta - Meegan Hefford (25), seorang body builder ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya di Australia bagian barat. Dengan cepat ia dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan bahwa fungsi otaknya telah mati.

Selang dua hari, ibu dari dua orang anak ini meninggal. Dikutip dari laman New York Post, Selasa (15/8/20017), Heeford diduga meninggal karena terlalu banyak mengonsumsi protein mulai dari minuman, makanan, hingga suplemen.

Para dokter menemukan bahwa ia memiliki kelainan langka, yaitu gangguan siklus urea yang menghentikan tubuh untuk memecah protein. Kelainan tersebut dapat menyebabkan amonia meningkat ke titik berbahaya dalam aliran darah dan memicu cairan berlebih pada otak.

Baca juga: Bahayakah Wanita Lakukan Latihan Beban Berat?

Hefford diketahui telah mengikuti kompetisi binaraga sejak tahun 2014, dan sesaat sebelum kepergiannya ia tengah mempersiapkan kompetisi yang akan dilaksanakan pada bulan September.

Sebelum kompetisi, Hefford selalu meningkatkan intensitas olahraganya dan menerapkan diet khusus, serta menambahkan konsumsi protein dengan suplemen.

Meegan Hefford meninggal karena berlebihan konsumsi protein. Meegan Hefford meninggal karena berlebihan konsumsi protein. Foto: Instagram/meeganheff


Ibunya, Michelle White berujar telah memperingatkan putrinya itu untuk menurunkan rutinitas olahraga. "Saya berkata kepadanya, 'saya pikir kamu terlalu banyak berolahraga di gym, santailah, lakukan dengan perlahan saja'," katanya.

Namun Hefford tidak mengindahkan peringatan ibunya. Sampai detik kematian Hefford, ibunya tidak mengetahui kebiasaan putrinya yang kerap mengonsumsi suplemen penambah protein.

"Saya tahu ada orang lain selain Meegan yang telah berakhir di rumah sakit karena mereka kelebihan protein karena suplemen. Penjualan produk ini harus lebih diatur," tutup White.

Baca juga: Salut! Wanita Ini Berhasil Jadi Body Builder Meski Tak Punya Lengan

(wdw/fds)