Sabtu, 19 Agu 2017 12:10 WIB

Pasien Leukemia Ini Meninggal Setelah Makan Tiram Terkontaminasi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pasien leukimia meninggal setelah makan tiram terkontaminasi/Foto: Facebook/David Cunningham
Jakarta - Jane White Cunningham, seorang pasien kanker sel darah atau yang sering disebut leukemia sejak tahun 2016 itu tengah berlibur bersama suaminya di Mississippi, Amerika Serikat.

Dikutip dari Fox News, sesuatu yang buruk terjadi ketika ia mengonsumsi tiram yang sudah terkontaminasi, kemudian Cunningham dinyatakan meninggal dunia.

"Ada banyak pembengkakan ekstrim dan rasa sakitnya luar biasa," tulis suaminya, David Cunningham dalam sebuah unggahan di Facebook pada tanggal 8 Agustus.

Pasien Leukemia Ini Meninggal Setelah Makan Tiram TerkontaminasiPasien leukimia meninggal setelah makan tiram terkontaminasi/Foto: Facebook/David Cunningham

Baca juga: Gara-gara Tato Henna, Wajah Pemuda Ini Mengalami Luka Parah

Setelah dilarikan ke Rumah Sakit Gulfort Mississippi, Cunningham didiagnosis terinfeksi bakteri vibrio, yaitu bakteri yang biasa ditemukan dalam makanan laut mentah dan sangat berbahaya bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, bakteri ini menyebabkan 80 ribu penyakit dan 100 diantaranya meninggal dunia setiap tahunnya.

Kebanyakan bakteri ini menyerang antara bulan Mei sampai Oktober ketika suhu air biasanya lebih hangat. CDC menyarankan untuk tidak mengonsumsi tiram mentah ataupun setengah matang untuk menghindari infeksi bakteri vibrio.

"Hari ini mereka harus mengamputasi kedua kaki dan lengan kirinya dalam upaya menyelamatkan hidupnya saat infeksi menyebar dengan cepat," lanjut tulisan David.

Baca juga: Berkat Hobinya, Penyanyi Ini Tegar Melawan Kanker (wdw/up)