Rabu, 23 Agu 2017 18:33 WIB

Hati-hati Terkena Kudis Jika Rambut Kemaluan Tak Terawat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Terkena kudis jika rambut kemaluan tak terawat/Foto: ilustrasi/thinkstock Terkena kudis jika rambut kemaluan tak terawat/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Merawat rambut kemaluan tidak kalah pentingnya dengan merawat rambut kepala. Mulai dari menjaga kebersihan dengan mencukur dan mengganti pakaian dalam secara rutin.

Jika rambut kemaluan tidak terawat dengan baik, ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat timbul. Salah satunya menyebabkan skabies atau yang biasa disebut kudis.

Ditemui di gedung Transmedia, Jl Kapten Tendean, Jakarta Selatan, dokter spesialis kulit dari RS Mayapada, dr Armansjah Dara Sjahrudin, SpKK, MKes mengatakan bahwa skabies bukan merupakan penyakit yang disebabkan oleh suatu infeksi melainkan disebabkan oleh serangan kutu. Penyakit ini biasa menyerang daerah bagian tangan, kepala, dan bagian genital (kemaluan).

Baca juga: Galau Mau Cukur Rambut Kemaluan? Ini Kata Dokter

"Tapi tidak selalu ke arah rambut kemaluannya, tapi ke seluruh bagian genitalnya," ujar dokter yang disapa Dara ini kepada detikHealth, Rabu (23/8/2017).

Kutu-kutu penyebab terjadinya skabies disebut dr Dara bisa ditularkan oleh orang yang telah terkontaminasi sebelumnya.

"Biasanya kalau ada orang yang terjangkit, orang yang tinggal di asrama dia bisa menular. Atau dari binatang akhirnya terkontaminasi," imbuh dr Dara.

Penularan kutu-kutu ini melalui kontak langsung, seperti pemakaian handuk bersama ataupun melalui hubungan seksual dengan orang yang telah terjangkit.

Semakin tidak terawat rambut kemaluan, maka risiko muncul kutu-kutu penyebab penyakit skabies akan lebih besar datang. Jadi, jangan sepelekan masalah perawatan rambut kemaluan mulai dari sekarang.

Baca juga: Jangan Hanya Rambut Kepala yang Dirawat, Rambut Kemaluan juga Perlu (wdw/fds)