Kamis, 24 Agu 2017 10:02 WIB

Tampak Sepele, Skipping Efektif Turunkan Berat Badan

Erika Kurnia - detikHealth
Ternyata skipping bisa turunkan berat badan. Foto: skipping Ternyata skipping bisa turunkan berat badan. Foto: skipping
Jakarta - Lompat tali atau skipping bukan hanya permainan yang menyenangkan. Skipping juga bisa dijadikan latihan fisik yang menyehatkan dan membantu membentuk tubuh perempuan.

Latihan lompat tali selama beberapa puluh menit bisa memberi efek yang sama dengan latihan kardio, seperti lari. Manfaatnya pun sangat banyak, seperti daftar berikut yang dilansir dari Boldsky, Rabu (23/8/2017).

1. Bakar lemak untuk turunkan berat badan

Perempuan mana yang mau menolak manfaat ini. Sulitnya menurunkan berat badan berlebih bisa dipecahkan dengan rutin skipping setengah jam sehari. Ini bisa membakar sekira 300 kalori, lebih banyak daripada lari atau jogging.

Baca juga: Rajin Skipping Setiap Hari, Berat Badan Puput Berhasil Turun 10 Kg Lho

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Sistem sirkulasi darah yang terdiri dari jantung hingga pembuluh darah seluruh tubuh bisa mendapatkan manfaat lompat tali. Skipping akan membuat jantung memompa darah lebih cepat sehingga aliran darah mengalir lebih lancar.

3. Meningkatkan kepadatan tulang

Gerakan saat skipping akan menstimulasi tulang dan menguatkannya. Skipping bisa dilakukan kapan saja, kecuali saat sedang menstruasi atau hamil karena ligamen di sekitar uterus melemah.

4. Membentuk otot

Perempuan juga perlu membentuk otot karena otot mampu membakar cadangan energi lebih banyak. Dengan rajin skipping, otot-otot bisa terbentuk dan terhindar dari gejala otot kurang aktif, seperti kram dan kesemutan.

Baca juga: Manfaat Wanita Jalani Latihan Beban

5. Baik untuk otak

Lompat tali tak hanya melatih otot saja, tapi juga otak. Ini karena saat kita melakukan lompat tali, bukan kemampuan fisik saja yang diuji tapi juga kemampuan otak.

(wdw/up)
News Feed