Selasa, 29 Agu 2017 07:05 WIB

Berlebihan Minum Kopi Tingkatkan Risiko Patah Tulang? Ini Kata Dokter

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kandungan kafein kopi disebut dapat membuang kalsium tubuh lewat urine. (Foto: thinkstock) Kandungan kafein kopi disebut dapat membuang kalsium tubuh lewat urine. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat membuat penikmatnya 'kecanduan'. Namun sering mengonsumsi kopi sering dianggap berlebihan dan dikaitkan dengan risiko patah tulang.

"Saya tidak khawatir. Tidak ada bukti peningkatan risiko patah tulang akibat konsumsi kopi," ucap dr Robert R Recker, direktur pusat penelitian osteoporosis di Center at Creighton University, Omaha dikutip dari New York Times.

Mengutip hasil studi yang melibatkan lebih dari 61 ribu populasi wanita di Swedia, dr Recker mengatakan bahwa mengonsumsi empat gelas kopi atau lebih per hati hanya dikaitkan dengan sedikit pengurangan kepadatan tulang. Namun, studi yang dilakukan selama 20 tahun ini menyebutkan bahwa hal ini tidak berkaitan dengan peningkatan patah tulang.

Baca juga: Banyak Minum Kopi, Begini Pengaruhnya ke Ginjal

Sementara, studi yang diterbitkan di jurnal Food dan Chemical Toxicology menyimpulkan bahwa mengonsumsi sampai delapan gelas kopi dalam sehari juga tidak berkaitan dengan risiko patah tulang.

"Tidak berkaitan dengan risiko patah tulang terutama pada orang dewasa yang sehat dengan cukup kalsium," kata dr Reckter.

Lantas, apakah mengonsumsi kopi dapat mengurangi kalsium dalam tubuh? "Memang benar. Orang yang meningkatkan konsumsi kafein, maka kalsium dalam urinnya juga meningkat," imbuh Connie M Weaver, profesor gizi di Purdue University.

Namun, Weaver menjelaskan semakin banyak kalsium yang hilang saat buang air kecil, maka semakin banyak pula tubuh menyerap kalsium dari mana pun.

Sedangkan, untuk kebutuhan kalsium pada wanita dan pria berbeda. National Institutes of Health menyarankan untuk wanita berumur 51 sampai 70 tahun mengonsumsi 1.200 miligram kalsium per hari. Dan untuk pria yang berumur sama disarankan untuk mengonsumsi 1.000 miligram per hari,

Baca juga: Cara Simpel yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Kesehatan Tulang (up/up)