Kamis, 31 Agu 2017 06:32 WIB

Bocah Ini Dioperasi untuk Keluarkan 26 Butir Bola Magnet dari Mr P

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: weibo Foto: weibo
Jakarta - Seorang bocah berusia 11 tahun di China mengalami nyeri hebat dan perdarahan di batang Mr P. Dokter yang memeriksa menemukan 26 butir bola magnet di dalamnya.

Butuh operasi selama 2 jam untuk mengeluarkannya dari saluran kemih.

"Bola-bola itu tersusun dalam 2 baris dan terjebak di area posterior urethra," kata Dr Wang Yongbiao, dokter bedah anak dari Yuying Children's Hospital di Wenzhou, Provinsi Zhejiang.

Kondisi tersebut menyebabkan perdarahan, serta bengkak pada Mr P. Untuk mengeluarkannya, dokter menyebutnya cuup rumit karena ukuran magnet yang kecil-kecil.

"Masing-masing memiliki diameter 3 milimeter dan ketika tersusun menjadi 2 baris, lebarnya menjadi 6 milimeter," kata Dr Wang, dikutip dari Dailymail.

Baca juga: Balita Ini Muntah-muntah Setelah Telan 9 Magnet

Tim dokter berusaha menggunakan cyostopic forceps untuk mengeluarkan benda-benda itu satu demi satu. Namun benda-benda tersebut saling menyatu dan sulit dipisahkan.

Benda-benda tersebut akhirnya dipaksa masuk ke kantong kemih dan dikeluarkan dengan forceps. Dokter mengingatkan bola-bola magnet yang disebut juga Buckyballs tersebut berbahaya karena berukuran kecil, sehingga anak-anak bisa memasukkannya ke dalam tubuh.

Baca juga: Ditinggal Sebentar Ibunya, Bayi 16 Bulan Telan 42 Magnet Kulkas

(up/up)