Jumat, 01 Sep 2017 12:04 WIB

Asal Jangan Kalap Saja Sih, Ini Manfaat Daging Jeroan Bagi Kesehatan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ada manfaatnya makan jeroan asal tidak berlebihan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Menyambut hari idul adha, hewan qurban seperti kambing makin banyak peminatnya. Untuk masalah kesehatan, manfaat daging kambing tidak perlu diragukan lagi karena kandung proteinnya yang tinggi serta mengandung zat besi yang tinggi.

Tapi, bukan berarti bagian lain dari hewan qurban yang satu ini tidak beri khasiat juga. dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, Pakar Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina saat dihubungi detikHealth via telepon, menyebutkan bahwa jeroan dari kambing bisa memberi manfaat kesehatan pula.

"Ya ada manfaatnya dong, dia kan protein, kemudian kandungan zat besinya lebih tinggi," ungkapnya.

Baca juga: Idul Adha Bisa Aman Santap Daging Kambing Kok, Asal...

Namun, jeroan mengandung purin lebih tinggi yang bisa menyebabkan asam urat apabila dibandingkan dengan daging biasa. Sehingga, untuk orang yang punya penyakit jantung, hipertensi, asam urat tinggi, diabetes, atau kegemukan tidak begitu dianjurkan.

Guna meminimalisirnya, dokter yang akrab disapa dr Titi ini menganjurkan, teknik yang paling aman untuk mengolah jeroan dengan cara direbus dan menghindari olahan yang banyak menggunakan minyak.

"Diungkep kemudian dipanggang juga nggak apa-apa, kalau mau dibikin gulai santannya jangan yang terlalu kental," pungkasnya.

Baca juga: Manfaat Puasa Zulhijah untuk Kesehatan (wdw/up)