Selasa, 05 Sep 2017 10:46 WIB

Bincang Sehat

Yakin Sudah Move On dari Raisa? Kenali Dulu Tanda-tandanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta - Biduan cantik Raisa Andriana sudah resmi menjadi pasangan Hamish Daud. Sudah waktunya bagi pada pria yang mengaguminya, untuk benar-benar move on dari sang idola.

Namun kenyataannya, melepaskan diri dari bayang-bayang seseorang yang pernah begitu dikagumi, memang tidak selalu mudah. Jauh di lubuh hati, seringkali masih tersisa kepingan memori yang sewaktu-waktu bisa membangkitkan rasa rindu. Jika masih mengalami situasi ini, maka sebaiknya jangan buru-buru mengklaim sudah move on.

Menurut psikolog klinis Pustika Rucita, tanda-tanda move on antara lain bisa dikenali dari perilaku sebagai berikut.

1. Sudah menerima dan memaafkan
Move ternyata tidak selalu harus benar-benar melupakan. Menerimanya sebagai bagian dari masa lalu, juga termasuk salah satu kriteria move on dari mantan pasangan maupun sekadar mantan gebetan, yang bahkan mungkin tidak tahu menahu kalau pernah digebet.

2. Tidak lagi sensitif soal mantan
Mengaku sudah move on, tapi masih gelisah lihat foto-foto resepsi Raisa-Hamish? Suasana hati yang masih labil seperti ini, menurut Cita bukan tanda-tanda seseorang sudah siap menatap masa depan dengan pasangan, atau gebetan baru.

"Jika ada hal atau orang lain yang mungkin mengingatkan lagi pada mantan kita, kita juga tidak lagi sensitif," kata Cita, menjelaskan tanda-tanda move on.

3. Bersemangat kembali untuk beraktivitas
Tentunya akan sulit untuk beraktivitas dengan normal jika pikiran masih dibayangi oleh kenangan-kenangan tentang mantan.

4. Sudah berkomitmen lebih serius dengan pasangan
Sekadar punya pasangan baru, juga belum tentu berarti move on. Kalau sudah berani untuk membuat komitmen lebih serius dengan pasangan yang sekarang, barulah bisa dikatakan benar-benar siap menjalani hidup baru.

Yakin Sudah <I>Move On</I> dari Raisa? Kenali Dulu Tanda-tandanyaFoto: 20detik
(up/up)