Rabu, 06 Sep 2017 15:02 WIB

Gigi Tiruan Abal-Abal Juga Bisa Picu Tumor Ganas

Erika Kurnia - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Gigi tiruan abal-abal yang bisa dilakukan tukang gigi tidak bertanggung jawab ternyata bisa berdampak serius bagi gigi dan mulut. Di antaranya adalah tumor ganas atau kanker, seperti kasus yang pernah diterima akun media sosial Instagram, Korban Tukang Gigi.

Drg Rifqie Al Haris, satu dari delapan dokter gigi yang menjadi admin akun dagelan praktik gigi ilegal tersebut, mengatakan bahwa kasus terparah yang pernah dilaporkannya adalah tumor ganas atau kanker.

"Kasus terparah yang pernah dilaporkan ke kami itu kanker pada pasien yang menggunakan gigi tiruan. Ini bisa dialami karena gigi tiruan yang dipasang tidak sesuai kan bisa menyebabkan luka terus-menerus, yang memicu peradangan kronis. Kanker bisa dipicu peradangan kronis tersebut," katanya, dalam perbincangan santai dengan detikHealth, di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Jorok! Gigi Tiruan Ini 3 Tahun Tak Pernah Dilepas Pemiliknya

Menurutnya, pemasangan gigi tiruan yang abal-abal bisa berbahaya jika gigi tiruan dibuat tidak sesuai ukuran dan tidak rajin dilepas dan dibersihkan.

"Gigi tiruan bisa berbahaya kalau dipasang permanen, kan gigi tiruan harus rutin dilepas untuk dibersihkan dua kali sehari. Gigi tiruan juga harus dibuat dengan ukuran yang pas. Kalau enggak, bisa mengganjal gigi, bahkan bisa berdampak pada sendi dan pengunyahan, sampai mempengaruhi saraf," jelasnya.

Untuk menghindari gigi tiruan abal-abal, dr Rifqie tidak lantas mengimbau masyarakat untuk tidak memasang gigi tiruan di tukang gigi. Bagaimana pun, kehadiran tukang gigi di masyarakat masih menjadi kearifan lokal dan dijamin oleh Peraturan Menteri Kesehatan Pasal 6 ayat 1 dan 2 39/2014.

"Pekerjaan tukang gigi dengan batas-batasnya sudah diatur di dalam Permenkes. Salah satu yang diatur adalah tidak membahayakan kesehatan pasien," katanya.

"Namun, pasien juga tetap perlu mencari informasi yang benar dan mengedukasi diri tentang perawatan gigi."

Baca juga: Ingin Pakai Gigi Tiruan? Perhatikan Hal-hal Berikut

(up/up)