Kamis, 07 Sep 2017 09:10 WIB

Orang Tajir Atau Bukan, Bisa Kelihatan dari Pilihan Waktu Olahraga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kaya atau tidak bisa dilihat dari waktunya berolahraga. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sebuah penelitian di Amerika Serikat baru-baru ini mengungkap hubungan antara tingkat penghasilan seseorang dengan pilihan waktu olahraga. Makin tinggi penghasilannya, biasanya memilih olahraga hanya pada akhir pekan.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Preventive Medicine ini melibatkan 5.206 orang dewasa yang diminta mengenakan accelerometer, yakni perangkat untuk merekam aktivitas fisik. Alat tersebut dipakai selama sepekan.

Dibanding partisipan dengan penghasilan USD 20.000 setahun, partisipan dengan penghasilan USD 75.000 setahun 1,6 kali lebih memenuhi anjuran 150 menit olahraga dengan intensitas sedang, atau 75 menit dengan intensitas tinggi, selama akhir pekan.

Baca juga: Olahraga Berat Hanya di Akhir Pekan Bisa Bahayakan Jantung

"Memenuhi panduan aktivitas fisik penting untuk umur panjang, kualitas hidup yang lebih baik, kesehatan mental dan kognitif dan pencegahan penyakit kronis termasuk diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker," kata Kerem Shuval yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Huffingtonpost.

Olahraga hanya di akhir pekan, merupakan salah satu perilaku yang banyak didiskusikan. Beberapa penelitian menyebut tidak akan banyak manfaatnya jika selama hari kerja tetap lebih banyak duduk. Tapi dibandingkan tidak olahraga sama sekali, tentu 'weekend warrior' tetap lebih sehat.

Baca juga: Walau Tak Maksimal, Olahraga Hanya di Akhir Pekan Tetap Bermanfaat (up/up)