Kamis, 07 Sep 2017 17:35 WIB

Cerita Selebgram Soal Bagaimana Rasanya Mengalami Serangan Cemas Ini Viral

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Penasaran bagaimana rasanya mengalami serangan cemas? Selegram ini menceritakannya dengan detail. Simak selengkapnya berikut ini: Foto: instagram/@jessicaolie Penasaran bagaimana rasanya mengalami serangan cemas? Selegram ini menceritakannya dengan detail. Simak selengkapnya berikut ini: Foto: instagram/@jessicaolie
Jakarta - Jessica Olie adalah salah satu selebgram beken yang juga merupakan pegiat yoga. Namun dalam beberapa bulan terakhir, ia ternyata sedang mengalami masalah kejiwaan, yang membuatnya mengalami gangguan kecemasan.

Di awal postingannya, Jessica bercerita bagaimana ia yang biasanya ceria menjadi agak kelam belakangan ini. Hal ini dikarenakan ia sedang mengalami masa-masa sulit akibat masalah keluarga yang sedang dihadapinya.

Baca juga: Mengapa Badan Sulit Digerakkan Saat Menangis dan Kelelahan?

"Kemarin aku tidak bisa bangun dari tempat tidur hingga pukul 5 sore. Aku tidak membuka jendela kamar dan mengecek email. Aku tidak berganti baju," ungkapnya di instagram @jeesicaolie.

"Aku menghabiskan hari dengan mencoba bernapas akibat serangan cemas yang aku alami. Pikiranku berada di tempat yang gelap dan penuh dengan hal-hal buruk," tambahnya lagi.

Jessica Olie mengaku tidak bisa bangun dari tempat tidur karena mengalami serangan cemas.Jessica Olie mengaku tidak bisa bangun dari tempat tidur karena mengalami serangan cemas. Foto: instagram/@jessicaolie


Dikatakan Jessica, masalah kejiwaannya bermula sejak sang ayah didiagnosis mengidap penyakit fatal yang tidak bisa disembuhkan. Semenjak itu, ia menjadi semakin murung dan tak memiliki semangat untuk melakukan apapun.

Namun Jessica tidak mau kalah oleh kondisinya tersebut. Ia memaksakan diri untuk bisa bangkit dari tempat tidur dan mengeluarkan matras yoganya. Dengan sedikit dorongan, ia mampu melakukan gerakan yoga ringan.

"Saat itulah aku menangis, dan merasakan sinar matahari pagi menyelimuti kota, dengan suara ombak di sampingku. Aku tidak yakin aku bisa bangun dari tempat tidur jika aku tidak mengambil keputusan yang tepat untuk diriku sendiri," tambahnya lagi, seraya mengatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin.

Curhatan Jessica mendapat perhatian dari para followersnya. Mereka memberikan semangat kepada Jessica, dengan mengatakan siapapun bisa mengalami masalah kejiwaan jika dihadapkan dengan masalah hidup.

Baca juga: Lihat Foto Bom Kampung Melayu Bisa Picu Gangguan Kecemasan Kambuh

Anxiety and Depressiona Association of America (ADAA) mengatakan serangan cemas sejatinya sama seperti serangan panik, di mana seseorang akan kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih dan merasa cemas, takut hingga tak bisa melakukan apapun. Serangan cemas biasanya ditandai dengan sulit bernapas, jantung berdebar dan keringat berlebih.

Serangan cemas biasanya terjadi dalam waktu kurang-lebih 10 menit, disertai dengan rasa mual, nyeri dada atau kekauan otot di bagian tangan dan kaki. Pada kasus yang lebih parah, serangan cemas bisa membuat seseorang mengalami halusinasi, waham dan merasa lepas dari tubuhnya sendiri.

Baca juga: Zayn Malik Tak Sendiri, Ini Sederet Musisi yang Kena Gangguan Kecemasan

(mrs/up)