Jumat, 08 Sep 2017 08:10 WIB

Bukan Cuma Cantik Difoto, Ini Tiga Manfaat Akroyoga

Erika Kurnia - detikHealth
Akroyoga bukan sekedar gaya-gayaan. Foto: Instagram Akroyoga bukan sekedar gaya-gayaan. Foto: Instagram
Jakarta - Yoga banyak macamnya, salah satunya adalah akroyoga yang menyatukan akrobatik dengan yoga. Yoga ini belakangan tren dipraktekkan para artis, bahkan menjadi seni foto yang bagus untuk dipamerkan. Tapi, selain cantik untuk difoto, akroyoga punya manfaat besar jika dilatih dengan serius.

Dijelaskan oleh Deera Dewi, salah satu guru yoga ternama di Indonesia, akroyoga setidaknya memiliki tiga manfaat untuk mereka yang melakukannya. Berikut penjelasannya:

Baca juga: Cerita Pria yang Melamar Kekasihnya Sambil Akroyoga

1. Manfaat terapetik
Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam akroyoga bisa memberi manfaat terapetik karena adanya kerja sama antara dua atau lebih pelaku akroyoga. "Yang mudah dirasakan adalah akroyoga ini membantu memijat bagian-bagian tertentu," katanya.

2. Meningkatkan rasa percaya diri
Akroyoga pada umumnya dilakukan oleh dua orang dengan satu orang di dasar dan satu orang lainnya di atas. "Akroyoga akan melatih kepercayaan orang yang di bawah, karena beban seberat apapun akan bisa mereka tahan jika dilakukan dengan kepercayaan diri. Sebaliknya, yang di atas juga harus 'surrender' atau bisa mempercayakan diri pada pasangannya," lanjut Deera.

3. Meningkatkan ikatan pasangan
"Manfaat ketiga adalah menigkatkan rasa percaya antar pelaku akroyoga. Makanya yoga ini cocok banget untuk dilakukan pasangan suami-istri karena kerja sama dalam melakukan pose yoga ini akan meningkatkan 'bonding' atau ikatan di antara keduanya," jelasnya.

Baca juga: 5 Tren Yoga Unik Sepanjang Masa (ajg/up)